Kaul Kekal Suster – Suster FCJM di Pematang Siantar

                                DSC08231

Pada tgl 24 Juni ada 10 orang suster FCJM yang akan mengikrarkan kaul kekal di susteran Monteluco Pematang Siantar, dimana biara Monteluco merupakan rumah induk bagi suster – suster FCJM di Indonesia. Ke 10 orang suster ini berasal dari berbagai daerah, diantaranya dari Parlilitan, Pakat, Barus sampai Atambua. Para suster ini datang dari berbagai daerah demi  karya cinta kasih Tuhan dengan maksud tujuan dari pembinaan adalah menghayati karunia  panggilan Allah pada Kongregasi FCJM sesuai dengan Karisma Muder M. Clara Pfander dan mengembangkannya dalam semangat St. Fransiskus dari Asissi. Dengan masuk dalam kongregasi FCJM, setiap orang membawa dirinya sendiri dengan segala sesuatu yang mereka terima dari Allah. Dengan usaha pembinaan diri mau mengantar kita pada persatuan dengan Allah dan persaudaraan satu sama lain selaras dengan tujuan kongregasi FCJM.

Mereka ini telah melewati pembinaan hidup religious yang mencakup: masa Aspiran, Postulant, Novis, dan Yunior dan akhirnya sampai kaul kekal ( menjadi anggota defenitif kongregasi FCJM). Dimana selama masa Yunior ada yang mencapai 6 tahun, 7 tahun sampai 8 tahun, dengan melihat masa jenjang di atas mereka  telah melewati berbagai hal baik suka maupun duka yang dapat memampukan mereka berjuang dan berani memutuskan  untuk mempersiapkan diri untuk ikatan defenitif.

Diantara 10 orang suster ini, 3 orang berkarya di Kota Batak dan 2 suster pernah berkarya di stasi Labuh Baru, yakni suster Livania FCJM dan suster Verena FCJM. Untuk itu atas inisiatif pribadi, beberapa umat paroki kita, termasuk Pastor Lius SX, suster Leonisia FCJM dan suster Flora FCJM berangkat dari Pekanbaru menuju ke Pematang Siantar untuk menghadiri acara kaul kekal ini,  juga Pastor Natti SX (mewakili paroki Aek Nabara).

                                DSC08222

Dalam pesta kaul kekal ini mereka mengambil tema yakni “Tuhan yang memanggilku”, karena itu merekapun berani berjanji di hadapan Allah dan sesama, mau hidup menurut Injil dengan menempati ketiga nasehat Injil, yaitu  ketaatan, kemiskinan dan kemurniaan, menurut Anggaran Dasar Ordo Ketiga Regular St. Fransiskus dan Konstitusi Kongregasi FCJM. Hadir dalam upacara ini ketua umum suster FCJM yakni suster Mary Lou Wirtz, yang berkedudukan di Roma, para pastor yang datang dari beberapa paroki. Misa di pimpin Pastor Bonifasius Simanullang, tepat pukul 09.00, dihadiri juga orang tua, keluarga para suster yang akan menerima kaul kekal dan umat yang berkesempatan untuk hadir di acara ini. Mereka diantar oleh kedua orang tua masing-masing untuk menyerahkan putrinya kepada Tuhan lewat kongregasi FCJM dalam karya pelayanan kepada sesama.

Dalam khotbahnya, Pastor Bonifasius Simanullang mengatakan bahwa selama masuk biara sampai pada masa persiapan intensif pasti sudah dirasakan suka dan duka tantangan dalam hidupnya, pengalaman yang pahit sudah dialami namun mereka tetap punya keberanian dan perjuangan untuk bertolak lebih dalam, karena Tuhan yang memanggilku, jika Tuhan yang memangggilku apapun tantangan dan kesulitan menjadi ringan dan hadapilah semua dengan senyum.

Kongregasi sangat  berterima kasih kepada orang tua yang telah menyerahkan putri – putrinya untuk bergabung dalam kongregasi FCJM, dan kongregasi sangat berterima kasih atas kesediaan 10 suster untuk bergabung dalam tugas dan karya pelayanan yang dikembangkan oleh para suster selama ini.

Setelah acara pengucapan janji kaul kekal acara dilanjutakan dengan makan siang bersama dan ramah tamah dengan seluruh tamu yang hadir sebagai ungkapan rasa syukur bahwa acara ini bisa berjalan dengan baik dan diberkati Tuhan.

Akhirnya sebagai penutup, kami ucapkan Proficiat bagi suster – suster FCJM, khususnya suster Livania dan suster Verena. Terimakasih juga kepada suster Mary Lou Wirtz, suster Cornelia dan suster Angelina atas kebaikan hati untuk  menerima dan melayani kami semua selama di sana, juga kepada seluruh komunitas suster – suster FCJM yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Semoga Tuhan memberkati kita semua… amin.

Selamat berjuang sampai pada akhir hidupmu .

 DSC08235 DSC08278

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s