Panggilan – Kesaksian tentang kebenaran

“Hari Minggu Panggilan Tahun A – Hari Minggu Paskah IV”

Paus Fransiskus berkata,”Yesus berkeliling ke semua kota dan desa….. Melihat banyak orang itu, tergeraklah hatiNya oleh belas kasihan kepada mereka. Karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.

Maka kataNya kepada muridNya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya a mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu (Mat 9:35-38).

Pernyataan Yesus itu cukup mengejutkan, sebab kita tahu bahwa sebelum menuai, ladang itu perlu dibajak, ditaburi benih, digarap, baru kemudian ada hasilnya berlimpah. Siapakah yang telah bekerja sehingga tercapailah tuaian sebanyak itu?

Jawabannya hanya satu : Tuhan.

Ladang itu adalah uamt manusia, ladang itu adalah kita. Dan sumber daya yang menghasilkan “banyak buah” itu adalah rahmat Tuhan dan persekutuan dengan Dia (Yoh 15:5).

Maka Yesus meminta agar gereja berdoa supaya memperoleh sejumlah besar pekerja-pekerja yang mengabdikan diri demi kerajaan-Nya. Kristuslah yang menyapa kita terus-menerus dengan sabdaNya agar kita menaruh kepercayaan kepadaNya dengan mengasihi Dia dengan “segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan” (Mrk 12:33).

Maka : setiap panggilan selalu menuntut suatu exodus (keluar dari) diri sendiri untuk memusatkan hidup pada Kristus dan pada InjilNya; kita harus menanggalkan cara berpikir dan bertindak yang tidak sesuai dengan kehendak Allah. Hal ini merupakan suatu “exodus” yang mengantar kita pada suatu sikap sembah-bakti kepada Tuhan dan pelayanan kepadaNya dalam diri saudara/i kita.

Paus Fransiskus juga berpesan :

“Dewasa ini juga Yesus lewat dan menyusuri lorong-lorong kehidupan kita untuk menjumpai setiap orang, mulai dari yang paling kecil-hina dan untuk menyembuhkan kita dari setiap kelemahan dan penyakit.

Saya menghimbau semua orang yang bersedia, agar mendengarkan suara Kristus yang disuarakan oleh Gereja, dan mencari dalam dirinya mana panggilannya.

Saya menghimbau anda untuk mendengarkan dan mengikuti Yesus serta membiarkan diri diubah dari dalam – secara rohani – oleh FirmanNya yang adaalh Roh Kehidupan (Yoh 6:62)”

“Kita orang-orang Kristen tidak dipilih oleh Tuhan untuk hal-hal yang kecil. Raihlah hal-hal besar! Pertaruhkan hidupmu untuk perkara-perkara besar.”

"Sang Sabda" ~Lukisan Rm Anton Wahyudi, SX ~

“Sang Sabda”
~Lukisan Rm Anton Wahyudi, SX ~

SIAPA MENYUSUL?

Dalam homili singkat di salah satu stasi pada Perayaan Minggu Panggilan tahun A ini, Pastor Pancani SX menyampaikan bahwa beliau adalah “Stok lama” dan “stok di gudang sudah habis.” Stok disini dimaksudkan sebagai pastor yang sudah berusia lanjut – dan banyak lagi pastor yang berusia lanjut yang kita kenal; bahkan telah dipanggil pulang ke sisi Bapa.

Beliau bertanya, siapa yang akan menggantikan karya-karya para pastor yang telah memulai misinya di Riau ini, adakah diantar kita – para orang tua – yang mau merelakan anak-anaknya untuk menjadi biarawan/wati rohaniawan/wati – terutama untuk mengantarkan an ak-anaknya menjadi Pastor karena kebutuhan pastor di Indonesia sangat tinggi. Begitu banyak tuaian namun begitu sedikit pekerja.

Seperti dalam suatu kesempatan Mgr I. Suharyo pernah berkata,”Tiga orang anak yang dikarunikan oleh Tuhan dalam satu keluarga, dua untuk kalian, satu lagi biarlah untuk (bekerja di ladang) Tuhan”

@Tim Warta Paroki 2014

Referensi : Lembaran Misa Mingguan – Minggu Panggilan – Hari Minggu Paskah IV – Wisma Conforti (SX)

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s