BULAN OKTOBER : BULAN ROSARIO DAN GEREJA MISIONER – MARIA MISIONARIS YANG PERTAMA

Sejak tradisi lama, bulan Oktober dijadikan Bulan Rosario dan Bulan Misioner.

Maria adalah missioner yang pertama, Ibu penolong semua pewarta Injil.

Kotak

Maria adalah missioner yang pertama, sebab Maria telah di-Injili, artinya kepadaNyalah telah diwartakan kabar gembira oleh Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus dengan perantaraan Malaikat Gabriel. Dan kabar gembira itu adalah bahwa Allah, Bapa Yesus, mencintai semua orang, tanpa syarat, senantiasa dan satu arah.

Satu arah berarti bahwa Allah mengasihi manusia bukan setimpal jasa-jasa dan kesalehan manusia, melainkan setimpal kebutuhan manusia masing-masing.

Makin besar kebutuhan manusia, makin besarlah kasih Bapa-Nya untuk manusia itu.

Maria menanggapi warta gembira itu dengan berkata,”Sesungguhnya aku ini hamba Tuhan; jadilah kepadaku menurut perkataanmu itu.” (Luk 1:38)

Maria menyatakan dirinya siap bekerjasama dengan Tritunggal Mahakasih agar Kerahiman Tritunggal Mahakasih itu sampai kepada semua orang, sepanjang masa.

Bukan hanya Maria dirahmati oleh Tritunggal Mahakasih. Kita semua dirahmati oleh Tritunggal Mahakasih.

Harapan Tritunggal Mahakasih itu agar bersama Maria dan seperti Maria, kita meneruskan kerahiman-Nya kepada semua orang – sampai ke ujung bumi.

Perjalanan-perjalanan Misioner Maria

Injil dan tradisi mencatat beberapa perjalanan Misioner Maria :

  • Perjalanan ke pegunungan Yehuda. Maria membawa Yesus kepada Elisabeth, saudarinya (Lik 1:39-45)
  • Perjalanan ke Betlehem. Maria bersama St Yosef membawa Yesus ke Betlehem dan setelah lahir diperkenalkanNya kepada para gembala yang mewakili bangsa Yahudi, dan kepada orang-orang majus dari timur yang mewakili bangsa-bangsa yang bukan Yahudi. (Luk 2:8; Mat 2:11)
  • Perjalanan ke Afrika. Maria dan St Yosef membawa Yesus ke Afrika (Mesir) yang menjadi “tanah air” Yesus yang kedua (Paus Paulus VI) ( Mat 2:13-15)
  • ke Kana : Maria mempersiapkan kedatangan Yesus di Kana dan di Galilea (Yoh 2:1-2) dan mendesak agar “saat Yesus” dinyatakan di situ.
  • Perjalanan ke Surga. Maria pergi ke surga, dimana sebagai Ibu Gereja, memohonkan rahmat agar gereja setia dalam mewartakan Yesus kepada segala bangsa.

Dan Maria, misionaris yang pertama, akan selalu berjalan bersama Gereja Misioner di dunia sepanjang jaman. Dialah : Ratu para rasul! (yohanes Paulus II – Roma 1979)

Mengunjungi ke-5 benua bersama Maria

Dunia terdiri atas 5 benua, Benua Asia, Ocveania, Amerika, Afrika dan Eropa.

Sambil berdoa Rosario, bersama Bunda Maria, kita bisa keliling mengunjungi masing-masing Benua. Bagi masing-masing benua 10 salam Maria.

Kunjungan Bunda Maria mempersiapkan benua-benua untuk mengenal Putera-Nya Yesus Kristus sebagai satu-satunya Penyelamat Dunia.

Pastor Otello Pancani, SX

-Warta Paroki Edisi Oktober 2013-

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s