Wali Baptis

Walibaptis adalah seorang beriman Katolik, baik laki-laki maupun perempuan, yang sudah dewasa usia dan imannya, yang ditunjuk untuk mendampingi proses perkembangan iman bayi yang dibaptis. Artinya, walibaptis harus: “Telah berumur genap enam belas tahun; seorang katolik yang telah menerima  Penguatan dan Sakramen Ekaristi mahakudus, lagi pula hidup sesuai dengan iman dan tugas yang diterimanya; tidak terkena suatu hukuman kanonik yang dijatuhkan atau dinyatakan secara legitim; bukan ayah atau ibu dari calon baptis” (KHK kan.874: 1,2 – 5).

  images       Walibaptis tidak hanya bertugas pada saat penerimaan sakramen Baptis, tetapi mendampingi terus sampai akhirnya bayi tersebut dapat hidup secara kristiani dan setia melaksanakan kewajiban-kewajibannya sesuai dengan baptisan yang telah diterimanya ”…wajib berusaha agar yang dibaptis menghayati hidup kristiani yang sesuai dengan baptisnya dan memenuhi dengan setia kewajiban-kewajiban yang melekat pada baptis itu” (KHK kan.872). Konkretnya adalah walibaptis harus menegur kalau anak baptisnya malas pergi ke gereja atau mengikuti kegiatan gerejani, mengingatkan anak baptisnya untuk menerima Komuni Pertama dan sakramen Penguatan (Krisma), menegur anak baptisnya kalau suatu saat tergoda meninggalkan imannya, dan sebagainya. Dengan demikian, keberadaan walibaptis untuk mendampingi bayi tersebut berlangsung terus, selama hidupnya.

         Mengingat masa pendampingan walibaptis terhadap bayi berlangsung selama hidup, tidaklah bijaksana kalau orang tua memilih walibaptis yang sudah berusia tua (meski memenuhi persyaratan di atas). Dapat terjadi, walibaptis tersebut sakit-sakitan terus bahkan meninggal. Karena tugas yang melekat pada diri walibaptis tidak hanya formal-formalan sifatnya, maka tidaklah sebanding kalau walibaptis yang sudah tua harus mendampingi bayi dalam menatap masa depannya yang masih panjang, dengan segala tantangan dan kesulitan zamannya.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s