Sukacita diberikan Allah kepada yang melakukan kehendak-Nya

Kamis, 21 Maret 2013
Yoh 8:51-59

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya barang siapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya”
Yoh 8:51

Kebahagiaan merupakan suatu hal yang didambakan, dicari dan diusahakan oleh setiap orang. Tiap-tiap orang pasti menghendaki agar semua anggota keluarganya berada dalam kebahagiaan. Oleh karena itu, dalam sebuah keluarga tentu saling menjalin kasih, kerja sama, saling membantu dan  mendoaskan. Kita akan berjuang dan berkurban diri agar kebahagiaan boleh dialami oleh seluruh anggota keluarga kita. Demikianlah Tuhan Yesus telah terlebih dahulu mengajarkan hal ini kepada kita. Ia telah memberikan seluruh hidup-Nya demi kebahagiaan kita umatn-Nya. Kita ini telah menjadi anggota keluarga Tuhan dan kita diharapkan agar juga melakukan hal yang sama dan menularkan serta memberitahukan cara-cara dalam mencapai keselamatan dalam hidup ini.

Jalan menuju kebahagiaan telah ditunjukkan oleh Tuhan kepada kita yaitu dengan mendengarkan dan melaksanakan apa yang menjadi kehandak_nya. Kita semestinya menaruh kepercayaan kepada Yesus sebab Yesus telah ada jauh sebelum Abraham ada. Lebih dari itu, sebab Yesus telah mengerti dan mengetahui segala sesuatu termasuk nasib dan bagaimana seharusnya kita bertindak agar kita menerima keselamatan.

Maut dan hidup sebenarnya telah bisa kita alami katika kita masih hidup di dunia kita sekarang ini. Kita akan hidup bila kita mau mendengarkan dan melaksanakan sabda Tuhan. Demikianlah juga maut sebenarnya telah kita alami semasih kita hidup, yaitu ketika kita tiodak lagi mau mendengarkan dan tidak mau lagi melaksanakan kehendak-Nya. Semestinya kita janga seperti orang-orang Yahudi dalam bacaan Injil pada hari ini, mereka tidak mau menerima dan tidak mau percaya kepada Yesus. Dan akibat dari ketidakpercayaan dan ketidakmengertian mereka, maka orang-orang Yahudi tersebut tidak menerima dan tidak mengalami keselamatan.

sukacitaKeselamatan akan kita dapatkan yaitu bila kita benar-benar menghargai dan menggunakan waktu sebaik-baiknya. SUngguh, bila kita mampu menghargai waktu, maka kitapun akan sungguh menerima keselamatan. Sewaktu kita berdoa, atau kita membaca dan merenungkan sabda Tuhan, maka kita selamat sebab kita akan mendapatkan tuntunan dan pencerahan dari Tuhan. Ketika para pelajar menghargai waktu untuk belajar dnegan sungguh-sungguh, maka mereka akan mengalami keselamatan dan dengan aman akan mencapai kelulusan yang membahagiakan. Ketika seorang pegawai menghargai waktu kerja untuk bekerja dengan baik, jujur dan bertanggungjawab, maka ia akan dengan penuh keselamatan mencapai hasil yang memuaskan. Ketika seseorang mau menghargai waktu untuk lebih mengenal diri melalui pengalaman hidup dan mau memperbaiki sikap hidupnya, maka ia akan mengalami kebahagiaan sebab ia akan lebih diterima oleh orang-orang disekitarnya. Ketika seseorang mau berbagi dan mengasihi, maka ia akan mengalami sukacita dan damai sebab ia telah mampu mengasihi Tuhan melalui sesamanya yang membutuhkan.

Demikianlah keselamatan akan kita terima ketika kita mau melakukan hal-hal ayng baik dan benar. Sebeb hal yang baik dan benar berasal dari Tuhan.

Pertanyaan reflektif:

  • Hari ini, apakah aku sudah berdoa, membaca, dan merenungkan sabda Tuhan?
  • Adakah aku sudah mengasihi Tuhan dengan memberikan pertolongan kepada sesama yang membutuhkan?

Doa:

Bapa terkasih.. SUkacita telah Engkau sediakan sejak semual bagi kami umat-Mu. Keselamtan telah Engkau berikan kepada kami y ang mau mendengarkan dan melaksanakan kehendak-Mu. Kami mohon, bantulah kami agar kami menggunakan waktu yang Engkau anugerhakan ini untuk melakukan yang baik dan benar sesuai dengan kehendak-Mu. Buatlah agar kami mensyukuri pemberian dan kemurahan-Mu sehingga kami mampu memperhatikan dan memberikan pertolongan kepada sesama, sebab Engkaulah yang memerintah, kini dan sepanjang masa, Amin.

~Sr. M Gaudensia Suparmi, OP – dalam Retret Agung Umat – Perjalanan Rohani menanti kebangkitan ~

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s