KASIH : Hukum yang paling utama!

Jumat, 8 Maret 2013
Mrk 12:28b-34

“Kasihilah Tuhan Allahmu dengan genenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”

Mrk 12:30-31

 “Hukum manakah yang paling utama?” Inilah pertanyaan yang diajukan oleh seorang ahli Taurat dan orang-orang Saduki kepada Yesus. Jawabannya sungguh tepat,”Kasihilah Tuhan Allahmu… dan kasihilah sesemamu seperti dirimu sendiri”.

Apa yang ada pada manusia: hati, jiwa, akal budi, dan segenap kekuatan digunakan sungguh-sungguh untuk mengasihi. Kesediaan mengasihi secara utuh dan total harus dilandasi oleh iman yang kuat, semangat bersaudara yang tinggi, dan siap berbelarasa dengan siapa saja, lebih-lebih yang sangat mengalami kemiskinan dan penderitaan.

Kisah Presiden Uruguay, Jose Mujica, Presiden termiskin di dunia saat ini, mudah-mudahan dapat dijadikan inspirasi dalam menanggapi sabda Tuhan hari ini.

Kompas.com – 16 Nov 2012

Sebagian besar politisi di seluruh dunia termasuk Indonesia biasanya memiliki gaya hidup yang berbeda 180o dengan rakyat yang memilihnya. Tinggal di rumah mewah, pakaian mahal, mobil mewah dan gaji besar. Namun semua hal itu tidak berlaku bagi Presiden Uruguay, Jose Mujica. Sejak dilantik menjadi presiden pada 2010 yang lalu, politisi berusia 77 tahun ini layak mendapat gelar presidemn termiskin di dunia. Ia mendonasikan 90% gajinya setiap bulan, yaitu 12.000 dolar AS atau setara dengan Rp.120 juta untuk berbagai kegiatan amal, seperti membantu rakyat miskin dan membantu usaha kecil. Setiap bulan ia hanya menerima kurang dari Rp.800.000,- untuk membiayai kehidupannya. Ia menolak tinggal di kediaman resmi kepresidenan di ibukota, Montevideo. Mujica lebih memilih tinggal di tanah pertanian di luar ibu kota. Bahkan jalan menuju rumahnya belum di aspal, masih jalan tanah. Tak ada penjagaan ketat pasukan elite kepresidenan. Hanya dua polisi dan anjinganya yang hanya memiliki kaki tiga, Manuela, yang terlihat mengawasi pintu masuk di tanah pertaniannya. Di situ, Mujica dan Instrinya bahkan menanam sendiri bunga-bunga yang menjadi pemasukan baginya. Apa alasan Mujica memilih hidup sederhana meski jabatannya Presiden> Katanya, hampir seluruh hidup saya habiskan denganc\ cara seperti ini. Saya hidup lebih baik denga dengan apa yang saya miliki saat ini, sambil duduk di sebuah kursi tua di kebunnya. “Saya disebut presiden termiskin di dunia, tetapi saya tidak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih.

Jose Mujica

Jose Mujica

Sikap hidup yang dipilih oleh Jose Mujica sangat luar biasa. Seluruh energy yang dimiliki: hati, jiwa, akal budii – dan segenap kekuatan: tahta, kedudukan dan harta dimanfaatkan untuk memberdayakan warga, utamanya yang miskin. Bahkan hidupnya seperti menyatu dengan alam lingkungan yangmemberikan nafkah lewat berkebun bunga. Kasih total kepada Tuhan, sesama, dan alam lingkungannya bukan hanya NATO (No Action Talk Only), tetapi sungguh-sungguh “ACO” (Action Only). Kehidupannya menunjukkan sebagai orang yang makin beriman (apapun imannya), makin bersaudara, dan makin berbelarasa. Inilah contoh nyata orang yang menghayati kasih sebagai hukum paling utama.

Pertanyaan reflektif:

Sanggupkah saya menggunakan segala anugrah yang telah Tuhan berikan secara Cuma-Cuma : hati, jiwa dan akal budi, dan juga segenap kekuatan jasmani dan rohani untuk mengasihi Tuhan, sesama manusia dan lingkunga alam?

Doa:

Semoga segala anugrah yang telah Tuhan berikan kepada saya : hati, pikiran, akal budi dan segala kemampuand dapat digunakan untuk membantu sesama yang sangat membutuhkan agar Nama-Mu makin dipuji dan dimuliakan. Amin.

~A Widyahadi Seputra – Retret Agung Umat – Perjalanan Rohani menanti Kebangkitan ~

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s