Beriman yang berkualitas

Hari Minggu Prapaskah III – 3 Maret 2013
Luk 13:1-9

“Tuan, biarlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah di sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia.”

Luk 13:9

Buah dapat mengungkapkan pohon yang sehat dan baik atau tidak, Pohon yang baik akan menghasilkan buah yang segar dan baik, sebaliknya pohon yang tidak sehat akan menghasilkan bah yang tidak sehat pula.

Bacaan injil hari ini yang kia renungkan, Tuhan Yesus memakai relasi antara buah dan pohon untuk memberikan peneguhan dan jaminan kepada kita, bahwa Allah sungguh bermurah hati kepada seluruh umat-Nya. Allah sebagai penyelenggara kehidupan memberikan kesempatan kepada seluruh umat-Nya untuk menggunakan waktu atau kesempatan yang diberikanNya  untuk tumbuh menjadi pribadi yang beriman dan berkualitas. “Tuan, biarlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah di sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia.” (Luk 13:9).

Maka dalam kesempatan retret agung masa prapaskah ini kita memanfaatkan kesempatan untuk olah rohani kita dengan:

  • Doa
  • Ibadat
  • Puasa
  • Amal kasih

Sebuah cerita.

Bapak SImon Botaama

Bapak SImon Botaama

Di Babelan Bekasi Utara, tinggal Pak Simon Botaama, berprofesi sebagai penjual abu gosok. ZSetiap hari bergeriliya menyusuri gang-gang perkampuingan belasan kilometer, dagangannya laku sekitar 5 sampai 10 bungkus dan berpenghasilan Rp.4.000,-. Kadang meningkat menjadi Rp.10.000,- atau Rp.15.000,-. Tiap hari bekerja menyeka keringat. Pas Simon terus medaraskan doa yang sangat sederhana:”Ya Tuhanku, Ya Allahku, tenagaku tidak kuat lagi menarik gerobak ini. Meski begitu saya akan terus menarik gerobak in.”

Suatu hari…

Seorang penjual tangga keliling lewat di depan rumahnya. Melihat penjual tangga tersebut hati Pak Simon iba, lalu ia membelinya seharga Rp.25.000,- dari harga yang diwarkan Rp.30.000,-. Padahal ia tidak membutuhkan tangga itu, tuturnya. Alasan Pak Simon membeli tangga ini adalah,” Karena rasa lapar dan haus kami di jalan yang sama….” (Suara Clara 01.2012)

Dalam hidup pribadi Pak Simon yang sangat sederhana dan mau berbelarasa terhadap sesama terutama yang senasib dengannya, kita memperoleh gambaran orang yang beriman dan berkualitas.

Pertanyaan reflektif:

  1. Apakah aku memiliki relasi yang baik dan kuat dengan pokok pohon yaitu Tuhan Yesus sendiri?
  2. Apakah di tengah-tengah kesibukkanku, aku masih menyisihkan waktu dan pikiran untuk membangun relasi dengan Tuhan Yesus dengan berdoa, membaca, merenungkan, dan melaksanakan ajaran-Nya?

DOA

Tuhan Yesus…

Kami berterimakasih Engkau telah menunjukkan jalan, kebenaran dan hidup bagi kami.

Semoga kami berani mengikuti kehendakMu, sehingga kami tumbuh menjadi pribadi yang semakin beriman dan mau berbelarasa terhadap sesama yang menderita dan berkekurangan dengan situasi dan kemampuan kami.

Amin.

~FX.Mudji PS – Retret Agung Umat –Perjalanan Rohani Menanti Kebangkitan

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s