Tanggungjawab Kedudukan

Rabu, 27 Februari 2013
Mat 20:17

“Barang siapa ingin menjadi terbesar diantara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barang siapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu.” (Mat 20:26-27)

Setelah kita melakukan pekerjaan yang dipercayakan kepada kita, apa yang kita harapkan dari pemberi pekerjaan itu? Kita mengharapkan penghargaan dan pengakuan. Penghargaan dan pengakuan bisa berupa kata-kata pujian, pemberian sejumlah uang, fasilitas ataupun kenaikkan kedudukan / jabatan.

Dua ribu tahun yang lalu para murid Yesus menginginkan jabatan / kedudukan setelah melakukan tugas pekerjaan bersama Yesus. Yohanes dan Yakobus ingin berada di sebelh kanan dan kiri Yesus. Namun secara tegas Yesus mengatakan bahwa mereka harus minum cawan yang juga diminum oleh Yesus, yaitu harus rela berkorban. Kerelaan berkorban adalah konsekwensi dari setiap kedudukan. Ada tanggungjawab yang dibebankan kepada kita.

Dalam Injil, Yesus menjelaskan tanggungjawab yang ada dalam suatu jabatan / kedudukan, yaitu menjadi pelayan dan hamba. Agar kita bisa menjadi pelayan yang diinginkan Yesus, kita perlu bersikap bela rasa.

Dicari Pemimpin Yang Menjadi Pelayan (Gottfried Osei-Mensah)

Dicari Pemimpin Yang Menjadi Pelayan (Gottfried Osei-Mensah)

Bela rasa bukan sekedar perasaan iba atau terharu melihat penderitaan sesama. Bela rasa itu mengerti dan merasakan apa yang dibutuhkan oleh sesama. Oleh karena itu, seorang pelayan / hamba harus mau mengorbankan nyawanya, kedudukan dan segala fasilitasnya dan terlibat dengan orang yang dilayani.

Rertanyaan reflektif:

Adakah sikap bela rasa itu dalam diri kita?

Doa:

Tuhan Yesus, berilah kami kepekaan hati agar hati kami mampu merasakan apa yang dibutuhkan oleh sesama kita. Amin.

Sr. Siti Hasanah,OSU – Retret Agung Umat – Perjalanan Rohani nemanti Kebangkitan.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s