Pertemuan Wilayah 2, Sabtu 16 Feb 2013

Pastor Franco SX menyampaikan Materi Misteri Paskah

Pastor Franco SX menyampaikan Materi Misteri Paskah

Pertemuan yang sangat indah berlangsung di Rumbai pada hari Sabtu, 16 Februari 2013, mulai jam 09:00 pagi sampai sekitar jam 14:30 yang dihadiri oleh dua orang pastor, Pastor Franco SX dan pastor Natty SX, seorang suster, Dewan Paroki serta ketua-ketua stasi dan para pengurus stasi dari Wilayah 2. Empat materi pokok dipaparkan dan didiskusikan di pertemuan wilayah kali ini:

  1. Misteri Paskah, yang disampaikan oleh Pastor Franco SX
  2. Masa Pra Paskah, yang disampaikan oleh Pak Nyoman
  3. Sosialisasi Bahan APP 2013 yang disampaikan oleh Pak Sugiyana
  4. Program DPP Santa Paulus Labuh Baru 2013, yang disampaikan oleh Pak Edy Murhantoro

Seluruh materi disampaikan dengan baik, dan menerima tanggapan yang baik dari yang hadir, yang ditandai dengan serunya tanya jawab yang berlangsung di sela-sela pemamaran materi.

Pastor Franco dengan gamblang memberikan penjelasan tentang Misteri Paskah, yang memberikan gambaran yang lebih jelas latar belakang peringatan paskah, mulai dari  perjanjian lama, peristiwa paskah dalam pernjanian baru, misteri paskah di dalam gereja dan perayaan misteri pakah dalam tri hari Paskah.

Pemateri ke dua, pak Nyoman menjelaskan secara lengkap mengenai Masa Pra Paskah dimana Masa pra-Paskah ialah suatu masa suci, ibarat suatu retret Agung, bagi umat beriman yang dipanggil oleh Gereja untuk ikut bersama Kristus ke padang gurun selama 40 hari untuk berjuang dan melatih diri melawan segala godaan dan setan. Usaha ini dibuat melalui matiraga, puasa dan pantang melalui doa dan perbuatan amal kasih dengan tujuan untuk memperbaharui hidupnya (bertobat) agar dengan demikian dapat diikutsertakan juga dalam kemenangan yang diperoleh Kristus melalui sengsara wafat dan kebangkitan-Nya.

Pak Sugiyana sebagai pemateri terakhir sebelum istirahat makan siang, menyampaikan lebih detail lagi mengenai Aksi Puasa Pembangunan 2013 Keuskupan Padang yang memiliki tema umum “Bangga Menjadi Orang Katolik” yang bertujuan supaya kita sadar bahwa kita mempunyai iman Katolik dan terdorong untuk bangga dengan iman Katolik. Seperti APP tahun-tahun sebelumnya, dibagi menjadi 4 pertemuan dengan judul dan gagasan pokoknya:

•Kita Tetap Katolik; dengan pembaptisan kita diangkat menjadi anak-anak Allah dan menjadi anggota Gereja dengan dibaptis kita menjadi orang Katolik
•Pokok-Pokok Iman Katolik; Gkita bisa lihat dan baca pada sahadat iman para rasul (aku percaya)
•Mewartakan Iman Katolik;iman yang kita akui dan pertahankan dengan bangga harus kita  wartakan kepada orang lain
•Gembira dan Sukacita Beriman Katolik.Giman kita mengajarkan bahwa Kristus tetap hadir di tengah kita, bahkan Ia akan terus menyertai kita sampai akhir zaman. (Mat 28:20)
Kata Sambutan Pastor Natty SXSegera sesudah istirahat makan siang selama sekitar 30 menit, sesi terakhir yang tak kalah menariknya adalah pemaparan program Paroki 2013 yang dibawakan dengan sangat baik oleh Pak Edy Murhantoro dan dibantu anggota Dewan Paroki lain yang hadir, seperti Pak Sihotang, pak Sugiyana dan juga pak Nyoman. Kerangka program 2013 sudah diberikan lengkap, dan akan segera disusulkan ke stasi-stasi program kegiatan lebih detailnya.
Dan di akhir pertemuan, pastor Franco SX menyampaikan bahwa di bulan Maret 2013, pastor Natty SX akan menjalankan tugas barunya di Sumatra Utara, dan pastor Natty menyampaikan kata sambutan perpisahannya untuk seluruh pengurus stasi di Wilayah 2. Selamat jalan pastor Natty, semoga berkat Tuhan melimpah bagi Pastor di tempat tugas yang baru.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s