Mengenal suster-suster FCJM

FCJM (Franciscanae Filiae Sanctissimae Cordis Jesus et Mariae). Suster-suster Fransiskan puteri-puteri hati Kudus Yesus dan Maria.

 

Kapel Muntelucco, Biara FJCM Pematang Siantar

Sejarah

Kongregasi FCJM ini didirikan oleh Muder Maria Clara Pfender pada tgl 30 Oktober 1860 di Salzkoten- Jerman. Nama Muder M. Clara Pfender tidak begitu terkenal apalagi dikalangan gereja sebab dia belum menjadi seorang santa. Dia adalah seorang putri sulung keluarga Heinrik Pfander dan Caroline Wahle keluarga wali kota yang bertempat tinggal di Hallenberg- Jerman, walaupun ayahnya protestan tetapi dia mengijinkan putri sulungnya di permandikan dalam gereja katolik, sebab ibunya beragama katolik yang saleh dan beriman teguh. Kekhasan katolik mulai mewarnai kehidupan Anna Theresia ( nama permandiannya).

Sejak usia dini dia rajin berdoa di depan patung Bunda Maria. Dan ketika mengikuti pendidikan dasar Anna Theresia mendapat pujian dari guru-gurunya berkat yang istimewa dalam pendidikan hidup rohaninya yang baik ia sangat disenangi oleh teman-temannya , karena ia seorang periang rajin, dan tekun, sopan juga tegas. Ia adalah seorang yang berbakat dalam banyak hal dengan demikian ia bertemu dengan Muder Pauline dari Mallinckord pendiri kongregasi susterkasih kristiani dan akhirnya menggabungkan diri dengan kongregasi tersebut, tepatnya pada tahun 1850 kemudian ia mengenakan jubah dan memilih nama biara yakni Sr. Maria Clara Pfender. Keperibadian yang mantap tertip, jujur dan penuh tanggung jawab mendapat  penghargaan yang istimewa dari pemimpin dan rekan-rekan seperjuangan.

Dalam perjalanan waktu tak disangka-sangka muncul keinginan dalam sanubari Sr. Maria Clara untuk menempuh hidup baru, ia menghendaki suatu kongregasi baru dengan tujuan berdoa terus menerus untuk gereja, sembah pada Tuhan dalam Ekaristi, dan mengurus anak-anak terlantar dan mendertia sakit, melaksanakana karya-karya cinta kasih lainyang sesuai dengan kebutuhan jaman. Maka dia membuat suatu permohonan untuk mengundurkan diri dari kongregasi kasih kristiani dikabulkan oleh Uskup Kondrad Martin dan Muder Pauline tepat pada tgl 9 Sep 1859.

Permohonannya untuk menempuh hidup membiara bersama rekan secita-cita langsung mendapat tangapan dan persetujuan. Setelah mendapat berkat dari Bpk Uskup Konrad Martin, bertolaklah Anna Theresia Pfender menuju sebuah Gereja Fransiskan , dia memasuki ordo ketiga St. Fransiskus dari Assisi kemudian ia menyandang nama Sr. Maria Clara Pfender bersama dua pemudi yaitu Regina Loser dan Aline Bonzel. Sr Maria Clara mulai mewujudkan cita-citanya dengan mendirikan kongregasi di Olpe-Jerman.

Persaudaran kecil ini mulai menghayati hidup Santo Fransiskus Assisi dengan jubah mereka yang khas Fransiskan, mereka mulai hidup secara teratur, berdoa dan bekerja hidup bersama dalam persaudaraan menurut nasehat injil suci Tuhan kita Yesus Kristus, dan dijiwai semangat cinta kasih, doa dan tobat yang merupakan perjuangan bersama dari waktu ke waktu. Sembari melaksanakan tata harian secara teratur.

Sr. Maria Clara mulai menyusun konstitusi dengan jelas menguraikan maksud dan tujuan pendirian kongregasi. Salah satu isi dari konstitusi tersebut adalah Hati Kudus yang menyala-nyala dihormati oleh manusia, secara khusus Puteri-Puteri Hati Kudus Yesus dan Maria. Oleh karena itu FCJM berusaha mencintai Hati Kudus Yesus dengan cinta yang mesra dan tak henti-hentinya membentuk hatinya sesuai dengan Hati Kudus Yesus dan mengembangkan cinta kepadaNya.

 

Orang yang memiliki Hati Yesus akan memiliki semangat cinta sejati, memiliki hati penuh belaskasih, kasih sayang akan orang lain, tutur bahasa penuh cinta, suka memaafkan, jiwa sabar dan lemah lembut. Cintakasih terpancar dari wajah, mata, pembicaraan dan tingkah laku. Dengan demikian cintakasih menjadi Ratu , Hukum, Semangat  dan Kehidupan FCJM. (Bdk. Kons. Awal.bab. XXVIII hal. 53-54 C III hal.90 ).

Aturan hidup disesuaikan dengan situasi waktu itu dan mengacu pada Anggaran Dasar St. Fransiskus.

 

Status Kongregasi

Status Kongregasi FCJM adalah kongregasi kepausan yang didirikan pada tahun 1859 di Olpe, keuskupan Paderborn, Jerman oleh Muder M. Clara Pfender. Tgl 30 Oktober 1860, kongregasi mendapat pengakuan sah dari Gereja dengan disahkannya dokumen konstitusi. Kongregasi ini terdiri dari lima propinsi: Jerman, Perancis, USA, Nederland, dan Indonesia. Selain kelima propinsi itu masih ada dua region yakni di Brazilia dan Rumania, dan misi dimalawi, Afrika.

Region dan misi ini diharapkan akan berkembang kemudian menjadi sebuah propinsi. Generalat kongregasi FCJM sebagai pusat dan tempat Pimpinan Umum kongregasi  berada di Roma, Italia. Tahun 1930, kongregasi FCJM sampai ke Negara Indonesia dan propinsialat berada di Pematangsiantar, Sumatera Utara.

 

SUSTER FCJM MASUK KE INDONESIA

Tepatnya pada tgl 4 Juni 1930 lima orang suster FCJM dari Aerdenhout-Belanda menyeberang ke daerah misi yakni ke Indonesia tepatnya di Tanjung Balaisebagai kota di daerah Asahan. Sejak permulaan sudah ditentukan bahwa para suster FCJM akan mengantikan dan meneruskan karya suster Fransiskanes Van Dongen dalam bidang pendidikan. Maka para suster yang dikirim dari Belanda harus berijazah guru  dalam pengutusan awal.

Setelah melihat perkembangan dan situasi masyarakat ternyata tenaga medis dan pastoral sangat dibutuhkan maka para suster yang di bidang kesehatan dan pastoral dikirim juga dari propinsi Belanda. Ringkasnya karya kerasulan di bidang pendidikan , kesehatan dan pastoral sangat dibutuhkan. Dan bidang sosial lain tidak luput dari perhatian seperti : PKK, Asrama, Rehabilitas orang cacat, dan panti asuhan.

Kongregasi FCJM di Indonesia berusaha untuk menjawab kebutuhan masyarakat kecil. Hal ini nyata dari kehadiran FCJM yang berkarya di pedesaan dan berjuang dengan masyakarat miskin dan tertinggal dalam berbagai aspek kehidupan. Kongregasi FCJM di Indonesia kini memiliki 22 komunitas yang berada di seluruh nusantara  dalam 8 keuskupan yakni:

  1. Keuskupan Agung Medan
  2. Keuskupan Sibolga
  3. Keuskupan Padang
  4. Keuskupan Agung Jakarta
  5. Keuskupan Agung Semarang
  6. Keuskupan Atambua
  7. Keuskupan Dili Timor – Leste
  8. Keuskupan Baucau Timor – Leste

FCJM di Pekanbaru

FCJM di Pekanbaru

Pondok Clara Pfaender-PONDOK GEDE

Pondok Clara Pfaender-PONDOK GEDE

Atambua

 

 

PERSYARATAN  MASUK ANGGOTA FCJM

  1. Berijazah minimal SLTA.
  2. Sehat secara jasmani, rohani dan tidak cacat.
  3. Surat persetujuan dari orangtua/wali.
  4. Surat Akte lahir.
  5. Surat Baptis, Krisma, Sertifikat khusus jika ada.
  6. Surat rekomendasi dari Pastor Paroki setempat.
  7. Membawa perlengkapan secukupnya.

 

TAHAP-TAHAP PEMBINAAN

  1. Masa Postulant kurang lebih 1 tahun
  2. Masa Novisiat selama 2 tahun
  3. Masa Yuniorat dijalani selama 6-9 tahun

 

Para remaja putri yang terkasih..

Apakah kalian mendengar atau merasakan suatu panggilan?

 

Bergabunglah dengan kami

 

Propinsialat FCJM “ Monteluco”
Jl. Viyata Yudha, Kel. Setia Negara
Pematangsiantar, 21139
Telp.0622-27277 atau Fax. 0622-27278
Email: monteluco_fcjm@yahoo.comEmail: costa_leony@yahoo.com

Advertisements

3 thoughts on “Mengenal suster-suster FCJM

  1. syukur atas panggilan yang begitu luhur dan mulia Tuhan merancang segala yang indah bagi semua yang mewartakan KasihNya lewat panggilan hidup sebagai pewarta kasih Allah yang hidup.
    e salute per tutte sorelle spesialmente la mia suorella Sr.OLIVA
    Pace in Cristo.:Sr.Bernadette.Nainggolan.Osccap.Roma

    1. Dear Lia
      Silahkan ke
      Puteri-Puteri Fransiskan dari Hati Kudus Yesus dan Maria (FCJM)
      Pondok Clara Pfaender
      Jl. Kemangsari I no. 74
      Jatikramat, Kel. Jatibening, Pondok Gede
      Jakarta 17412
      Tel. 8482277

      Semoga Berkat Tuhan senantiasa menyertai

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s