Peringatan 100 hari Pastor Monaci, SX

100 hari sudah, Pastor kita Pastor Monaci dipanggil pulang ke rumah Bapa. Untuk mendoakan dan mengenang beliau, Misa peringatan 100 hari beliau diselenggarakan di gereja paroki.

 

Misa dipimpin oleh Pastor Ignaz, yang dalam Homilinya beliau menyampaikan bahwa dalam kurun waktu yang hanya satu bulan 5 hari bersama Pastor Monaci, banyak hal baik yang dapat dijadikan contoh dari seorang Pastor Monaci yang bijaksana. Dan tentu banyak pengalaman-pengalaman dari kita masing-masing yang sudah lebih banyak berbagi  hari dengan Pastor Monaci, yang menunjukkan kebijaksanaan beliau. Salah satu contoh adalah mengenai makanan yang disajikan akan “dihajar” habis, demikian dikutip dari perkataan Bapa Uskup beberapa waktu yang lalu. Jika melihat ada makanan yang tidak dihabiskan, maka Pastor Monaci mulai bercerita tentang proses terjadinya nasi mulai dari padi, ditanam, dipelihara, disiangi sanpai menjadi nasi. Proses itu adalah proses terjadinya suatu kehidupan.

 

Masih banyak lagi kebijaksanaan dan perbuatan-perbuatan yang dilakukan Pastor Monaci, dan dari situ secara kasat mata kita boleh percaya bahwa kita berkumpul di sini bukan untuk mendoakan arwah Pastor Monaci agar mendapat tempat yang baik, melainkan kita berdoa bersama-sama dengan beliau karena beliau telah beristirahat dengan tenang, dan mendapat tempat yang baik.

100 hari bisa merupakan waktu yang lama, bisa juga waktu yang cepat. Namun foto Pastor Monaci tetap sama, begitupun dengan kenangan kita akan beliau. Maka pertayaan untuk kita berdasarkan kenangan akan beliau, contoh apa yang dapat kita pelajari? Iman yang bagaimana yang terjadi dalam diri kita?

Salah satu hal yang paling penting pada saat kita mengenang orang lain adalah membuat kita lebih perhatian pada hal-hal lain (kecil maupun besar). Semoga cahaya iman Pastor Monaci memberikan cahaya iman juga kepada kita supaya kita dapat meneruskan karya-karya kita dengan setia, bertanggungjawab dan selalu bergembira demi kemuliaan namaNya. Demikian Pastor Ignaz menutup homilinya,

Setelah pengumuman, Pastor Ignaz atas nama Serikat Xaverian, Pastor Paroki dan pribadi mengucapkan terimakasih atas kebersamaan , perhatian dan kasih yang ditunjukkan umat kepada Pastor Monaci dalam segala hal sejak kepulangan beliau ke rumah Bapa sampai dengan hari ini, setelah 100 hari belalu.

†††

Seluruh umat yang menghadiri Misa peringatan 100 hari Pastor Monaci diundang untuk makan malam di Pastoran sebagai rasa syukur atas sebuah kebersamaan yang telah terjadi sebagai suatu imbas positif dari kepulangan Pastor Monaci.

 

====

Catatan kaki:

Kehormatan seseorang tidak diukur menurut panjangnya usia dan tidak dihitung menurut jumlah tahun, tetapi didasarkan pada kebijaksanaan dan hidup yang baik, hidup yang jujur dan tak bercelah. Dan jika Allah harus memanggil orang yang benar kepada-Nya, itu merupakan sebuah desain cinta atau rencana kasih baginya. Kematian orang-orang beriman sesungguhnya merupakan suatu undangan untuk mengalami kepenuhan hidup seturut rencana Allah sendiri. Inilah landasan bagi kegembiraan kita meski harus mengalami peristiwa kehilangan dari orang-orang yang kita kasihi. (Sumber:  Keb 4:7-15)

 

 

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s