Pastor Franco Qualizza, SX menyapa umat

Sebuah pengantar Perjalanan Ke Stasi

Yth. Para Pengurus Stasi dan Umat se-Paroki St. Paulus Pekanbaru!

Salam damai Kristus!

Sebagai kata pengantar pada “Jadwal Perjalanan ke Stasi”, kami hendak menggarisbawahi beberapa hal yang patut kita perhatikan bersama, yaitu sbb.:

  • TAHUN IMAN:

Sambil melangkah pada bulan November, kita ingat akan suatu peristiwa penting yang telah menandai bulan Oktober ini, yaitu

  • PEMAKLUMAN TAHUN IMAN oleh Bapa Suci, Benediktus XVI.

Pada tanggal 11 Oktober 2012, yaitu pada hari peringatan 50 tahun mulainya Konsili Vatikan II dan peringatan 20 tahun terbitnya Katekismus Gereja Katolik, Bapa Suci telah membuka Tahun Iman untuk seluruh Gereja.  Tujuan untuk memaklumkan Tahun iman ini ialah untuk mendorong kita semua memperbaharui dan memperdalam iman kita melalui Sabda Tuhan dan melalui ajaran Gereja. Gejala menurunya semangat iman dewasa ini, karena pengaruh materialisme dan sekularisme, ditemukan dalam hidup Kristiani sedikit banyak di seluruh dunia.  Maka kita membutuhkan  memperkokoh iman kita melalui suatu pendekatan lebih mantap pada Sabda Tuhan dan pada ajaran Gereja. Untuk itu selama tahun ini akan diadakan berbagai kegiatan di segala tingkat: tingkat internasional, tingkat KWI, tingkat keuskupan dan paroki. Di paroki kita pun tidak boleh kita abaikan kesempatan ini, sebab kita pun menyadari bahwa ancaman paling besar pada hidup Kristiani kita ialah lemahnya iman kita yang tidak didukung secukupnya dengan pengetahuan dan penghayatan ajaran Gereja.  Sambil menunggu rencana kegiatan-kegiatan pastoral thn 2013 yang akan diadakan dalam Rapat DPP Pleno pada awal bulan Desember, kita sudah mulai mendukung semua kegiatan katekese di tingkat stasi dan di tingkat paroki, dan patut kita perhatikan, antara lain, insiatif baru dari Sie Katekese DPP, yaitu:  Lima Minit ajaran Gereja pada awal ibadat mingguan.

 

  • Bulan November diawali dengan “Hari Raya Semua Orang Kudus” (1 Nov.) dan dengan “Hari Raya Pengenangan Arwah Semua Orang Beriman” (2 Nov.).

Perayaan-perayaan liturgis ini mengingatkan kita akan Saudara-saudari kita yang sudah mendahului kita pada hidup abadi, baik yang sudah mencapai persatuan sempurna dengan Tuhan di Surga (semua Orang Kudus), maupun yang masih berada dalam keadaan penyucian (jiwa-jiwa di ‘api penyucian’).  Karena ada ‘persekutuan para kudus’, maka kita yang masih hidup di dunia ini dapat membantu jiwa-jiwa di api penyucian dengan mempersembahkan doa-doa untuk mereka, khususnya kurban Ekaristi. Kita juga dapat membantu mereka dengan beramal,indulgensi, laku tapa, dan tobat.  Maka selama bulan November ini sewajarnya kita mengadakan doa secara khusus untuk Saudara/i kita yang sudah meninggal.  Suatu tanda cinta dan hormat terhadap mereka ialah juga kesediaan kita untuk membersihkan tempat kuburan mereka!

  • Akhir Tahun Liturgi dan Permulaan Tahun Liturgi yang baru.

Hari Minggu, tgl. 25 November,  ialah HARI RAYA TUHAN KITA YESUS KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM.  Kita memuliakan Yesus Kristus, Tuhan, Raja semesta alam, Raja hati kita dan hidup kita. Sekaligus kita bersiap menerima kesempatan baru untuk menerima Dia dan mengabdi kepada-Nya dalam tahun liturgi yang baru yang akan dimulai pada hari Minggu berikutnya, tgl. 2 Desember: Hari Minggu Adven I.  Masa Adven memiliki makna khusus dan penting yang patut dihayati.  Maka Gereja Katolik tidak membenarkan perayaan-perayaan Natal dalam masa Adven.  Peristiwa Natal akan dirayakan dan dihayati dengan baik hanya kalau dipersiapkan melalui perayaan dan penghayatan masa Adven dengan baik.

 

  • Beberapa kegiatan yang patut diperhatikan, antara lain:
  1. Kursus Persiapan Perkawinan di Labuh Baru tgl. 9-11 November.
  2. Kursus Pembekalan Pro-Diakon di Labuh Baru tgl. 16-18 November.
  3. Rapat Dewan Pastoral Paroki Pleno tgl 7-9 Desember.  Mohon rapat ini dipersiapkan dengan segala laporan yang akan diminta oleh DPP.
  4. Pembangunan gereja pusat paroki tetap berjalan dan dalam waktu dekat akan selesai pekerjaan tahap pertama, yaitu: pekerjaan struktur sampai ‘tegak payung’.  Pekerjaan tahap ke-dua (arsitektur interior) akan dimulai jika ada kesediaan dana….  Apakah stasi kita telah memberikan kontribusinya yang pernah disepakati sebagai tanda bahwa gereja pusat paroki ini adalah milik kita bersama?…
  5. Dalam pertemuan bulanan kita diingatkan untuk mengadakan sosialisasi bahan MUSPAS dan selama bulan November kita mendoakan secara khusus saudara/i kita yang sudah meninggal dunia.
  6. Dalam bulan Desember, sebagai persiapan untuk menyambut Hari Raya Natal, para pastor akan bersedia melayani Sakramen Tobat.  Stasi/kring yang ingin menerima pelayanan tsb secara khusus, mohon dirundingkan jadwalnya di kantor paroki.

Semoga Tuhan menyertai kita dan segala karya kerasulan kita dengan berkat-Nya!

Pekanbaru, 23 Oktober 2012
Salam dan hormat,

P. Franco Qualizza, SX
Pastor Paroki

=====

Jadwal Perjalanan November – Desember 2012 dapat diunduh di sini

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s