Legio Maria ~ Presidium Rumah Kencana ~

Legio Maria adalah salah satu bentuk pelayanan kaum awam yang didukung penuh oleh Hirarki Gereja Katolik. Yang membedakan pelayanan Legio Maria dengan bentuk pelayanan lain adalah bahwa Legio Maria mendasarkan metode spiritualitas dan kerasulan dalam prinsip yang dinamis dalam kesatuan dengan Bunda Maria, dalam kebenaran bahwa Maria berpartisipasi langsung dalam rencana keselamatan. Dalam kata lain, para anggota (yang disebut sebagai Legioner) berkehendak (berkomitmen) untuk mewujudkan pelayanan mereka kepada semua orang yang adalah wajah Kristus sendiri, dengan semangat dan kasih Maria.”

 Legio Maria memiliki hirarki juga. Unit terkecilnya dinamakan presidium. Presidium-presidium berada di bawah Kuria. Kuria yang akan menentukan pembukaan sebuah presidium baru, apabila terdapat anggota-anggota baru yang memiliki anggota aktif yang lebih senior. Beberapa Kuria membentuk Komisium, beberapa Komisium membentuk Regia dan akhirnya Senatus yang melakukan koordinasi para Legioner di sebuah negara. Di atas itu terdapat Konsilium yang disebut Konsilium Legionis Maria yang berada di Dublin, Irlandia.

❑❑❑

 Paroki kita St Paulus Pekanbaru juga mendukung kegiatan Legio Maria. Ada 4 presidium yang bernaung di Paroki kita, yaitu:

  • Presidium Rumah Kencana (Senior)
  • Presidium Bunda yang patut dihormati (Legioner adalah mahasiswa/i)
  • Presidium Bunda yang tersuci(Legioner adalah remaja SMA/SMP)
  • Presidium Bunda Pencipta (Legioner adalah junior, anak-anak SD)

 Kegiatan Legio Maria Rumah Kencana dimulai tepat waktu dengan mendaraskan doa Rosario.

Hal yang paling menarik dalam pertemuan ini, adalah bahwa setiap legioner diberi tugas dalam waktu satu minggu oleh Ketua, dan melaporkan hasil “tugas” tersebut pada setiap pertemuan. Pada sesi pertemuan pelaporan pelaksanaan tugas, setiap legioner yang hadir melaporkan tugas yang telah mereka lakukan dan juga membagikan pengalaman tugas gerejawi lainnya. Tugas yang dimaksud ~yang terutama~ adalah melayani doa bagi yang membutuhkan, mendatangi umat-umat yang tertimpa kemalangan (sakit, meninggal dan lain-lain) dan  melakukan wujud doa atas petunjuk ketua yang telah ditentukan dalam pertemuan sebelumnya. Tak kalah penting, para legioner juga melaporkan berapa waktu yang mereka persembahkan bagi Bunda Maria dalam satu minggu.

 Dalam derma (kolekte), selain mendermakan sebagian penghasilan (uang), dimasukkan juga derma berupa janji kegiatan pribadi seperti jumlah menjalani Misa Kudus, mendaraskan Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan, Doa Rosario, juga membaca Kitab Suci, mati raga, Doa Roh Kudus, Doa-doa lain dan juga Novena. Semua janji tersebut di”lunasi” dalam satu  minggu.

 Legioner bagaikan laskar-laskar kecil berjiwa besar yang bergerak terus-menerus untuk mendaraskan doa dimana-mana sambil berkarya dalam iman. Mereka wajib mendoakan Catena setiap hari, yaitu doa Khusus Legio Maria. Hal tersebut menjadi suatu keunggulan Legio Maria, bahwa dengan devosi setiap hari dan melaksanakan derma janji mereka, maka mereka lebih mampu menghayati doa Rosario,  lebih kokoh dalam hal kehidupan kerohanian mereka sendiri dan mengalami kehidupan bersama Bunda Maria secara nyata.

Anggota Legio Maria sendiri terbagi atas dua jenis:

Anggota Aktif, yang bertemu setiap minggu selama kurang lebih 1,5 jam untuk berdoa, melaporkan dan menerima penugasan pelayanan. Para Legioner diwajibkan untuk merahasiakan hal-hal penting yang dibicarakan dalam pertemuan-pertemuan mereka, termasuk juga penugasan mereka. Mereka juga wajib mendoakan doa Catena yang merupakan doa wajib mereka, setiap hari.

Anggota Auxilier, adalah anggota pendoa Legio Maria, biasanya adalah kaum rohaniawan/wati atau para imam yang tidak mungkin menjalankan penugasan seperti anggota aktif Legio Maria, tetapi mereka mendoakan karya Legio Maria. Ada pula kaum awam yang tidak sanggup melaksanakan tugas-tugas anggota aktif tetapi bersedia mendoakan Doa Tessera setiap hari, di mana di dalam Doa Tessera juga ada Doa Rosario juga dapat diangkat sebagai anggota Auxilier.

Untuk pengurus Legio Maria Rumah Kencana;

Pembina RohaniKetuaWakil KetuaSekertarisBendahara

  • Pembina Rohani                : Suster Flora, FCJM
  • Ketua                                   : Sdri. Bernadette
  • Wakil Ketua                       : Sdri. Caecilia
  • Sekertaris                           : Sdri. Luisa Erna
  • Bendahara                         : Sdri. Aloysia
  • Anggota                              : 14 legioner, dengan 1 anggota Auksilier dan 1 anggota percobaan.

 Jadwal Pertemuan   setiap Rabu @17.00 tepat waktu

di Susteran Paroki St Paulus Pekanbaru.

 

Semua orang Katolik yang tergerak hatinya oleh Roh Kudus dapat menjadi Legioner. Jika ingin mengikuti kegiatan yang luar biasa ini, silahkan datang langsung pada pertemuan dengan tepat waktu, karena tepat waktu menjadi syarat bagi seluruh anggota Legio Maria sedunia.

One thought on “Legio Maria ~ Presidium Rumah Kencana ~

  1. Semoga para legioner sungguh-sungguh mjd tentara Maria yg setia, shg mampu memotivasi umat sekitar untuk berdevosi kpd Bunda Maria.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s