Anda juga suatu anugrah. ~ Jika Tuhan memanggilmu, datanglah…

ABRAHAM
Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu, dan dari rumah bapamu ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu . . . .lalu pergilah Abraham

MUSA
Sekarang seruan orang Israel telah Kudengar. Juga telah Kulihat kesengsaraan mereka. Jadi sekarang pergilah . . . Aku mengutus engkau . . . lalu pergilah Musa

YESAYA
“Siapakah yang akan Kuutus?” . . . . Maka sahutku,”Ini aku, utuslah aku!”

YEREMIA
“Jangan katakan aku masih muda, tetapi kepda siapapun engkau Kuutus haruslah engkau pergi dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kau sampaikan”

MARIA
“Engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki. . . .” Jadilah padaku menurut perkatAan-Mu itu.

PETRUS
Andreas bertemu dengan Simon, saudaranya dan membawanya kepada Yesus.  ‘Engkau Simon anak Yohanes, engkau akan dinamai Petrus . . ..’ lalu mereka mengikuti Dia

FRANSISKUS ASISI
Pergilah Fransiskus, perbaikilah rumah-Ku!

FRANSISKUS XAVERIUS
Apa untungnya bagi seseorang bila ia memenangkan seluruh dunia tetapi pada akhirnya kehilangan nyawanya? hati Fransiskus berubah bagi Kristus.

GUIDO CONFORTI
Yesus yang tersalib itu memandang saya dan bercerita begitu banyak hal kepada saya . . .

 

……. seperti mereka . . . .anda pun dipanggil untuk membangun suatu dunia baru . . .  

❑❑❑

Empat setengah abad yang lalu St. Fransiskus Xaverius ikut menabur benih Injil di Indonesia yang kini tumbuh menjadi pohon besar. Sekarang, ia memanggil engkau, pemuda-pemuda Indonesia untuk mengikutinya dalam melaksanakan karya misioner melalui keluarga SERIKAT MISIONARIS XAVERIAN yang telah didirikan oleh Beato Conforti. Ladang kerja para Misionaris Xaverian tidak terbatas. Kami berkarya di Amerika Serikat, Meksiko, Brasil, Kolumbia, Spanyol, Inggris, Italia, Sierra Leone, Burundi, Kamerun, Chad, Republik Demokratik Congo, Mozambiq, Banglades, Jepang, Indonesia, Cina, Taiwan dan Filipina.

This slideshow requires JavaScript.

Berbagi pengalaman dan saling memberi semangat

Pada tanggal 27 Juli 2007, frater Ignas  ~ yang saat itu sedang menjalani masa orientasi misioner~ , berkirim kabar dengan menggoreskan tintanya kepada kami. nampak dari tulisannya itu, dia sangat bahagia. Tanpa mau menambah dan mengurangi isi surat sebagaimana yang frater Ignas maksud, maka kami akan menuliskannya kembali. beginilah isi suratnya:

Para frater yang terkasih,

 Bagaimana kabar kalian semua di sana (Cempaka Putih Raya no. 42)? saya berharap kalian tambah semangat setelah liburan. saya di Pekanbaru sini baik-baik saja. Selain itu saya cukup merasa krasan dengan situasi kota Pekannaru yang tidak jauh beda dengan kota Jakarta (seperti Bekasi gitu dech). Selama satu bulan di sini (Pekanbaru) hampir setiap hari, ami kunjungan ke stasi-stasi. ada yang jaraknya hanya 7 km, tapi ada juga yang jaraknya 135 km (itu adalah stasi yang terjauh lho, bayangin). Belum semua jalan ke satasi diaspal, terutama stasi yang jauh sehingga tidak mudah untuk sampai ke sana.

 Sykur pada Allah, sampai saat ini sudah hampir semua stasi saya kunjungi. padahal jumlahnya ada 30 stasi. biasanya kami dalam satu hari bisa mengunjungi beberapa stasi yang berdekatan. jumlah umat setiap stasi pun beragam. Ada yang hanya 10 KK (Kepala Keluarga). ada juga yang samapi 200 KK. nmapaknya akan ada pemekaran paroki lagi pada tahun-tahun mendatang. Kebanyakan umat berasal dari Sumatera Utara, Nias dan Jawa. Tapi tidak ketinggalan ada juga “masyarakat” Flores, Timor dll.

 Kehadiran saya sseabgai frater TOM yang ditugaskan/diutus untuk “belajar” berpastoral merupakan kesempatan emas untuk memurnikan panggilan saya. karena di samping kuliah di STF yang membantu saya dari segi kognisi kesempatan TOM membantu saya untuk belajar dan menambah pengalaman. Mulai dari komunitas pastoran yang cukup ideal karena ada kombinasi antara yang tua dan muda serta dengan karakter yang serba unik tapi kaya. Jadi, jangan sekali-kali menyia-yiakan kesempatan untuk terus belajar dan terus mencoba.

 Akhir kata saya mengucapkan selamat mempersiapkan PHB (Program Hidup Bersama), retret tahunan dan kuliah buat semua saja. Secara khusus saya mengucapkan proficiat buat neo-profesan (tingkat I) dan selamat berjuang menyesuaikan diri di skolastikat CPR 42. buat tingkat II-III saya harap kalian tetap semangat dan kompak dalam kulaih dan kerasulan. dan special dengan tingkat IV selamat bergulat dengan banyak buku dan betah di depan komputer untuk mengerjakan skripsinya. Tidak ketinggaln buat P. Fernando dan P. Matteo, mudah-mudahan selalu sehat dan sabar. doa saya selalu buat kalian semua.  

 (Catatan: Frater Ignaz saat ini telah menjadi Pastor Xaverian  dan bertugas di Paroki St Paulus Pekanbaru)

Kehidupan sebagai seorang misionaris itu sulit, namun indah. Keindahan itu muncul karena kami terus-menerus berusaha melihat, mencari dan mencintai Tuhan di dalam segala sesuatu. Iman inilah yang menjadi kunci kebahagiaan kami. Anda mau ikut?

P. Alfons, SX

TAHAP PEMBINAAN CALON XAVERIAN

  • Satu tahun Tunas Xaverian di Yogyakarta, kecuali calon yang masuk dari seminari menengah
  • Satu tahun pranovisiat dan satu tahun novisiat di Bintaro (setelah novisiat mengikrarkan kaul sementara)
  • Empat tahun pendidikan filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara – Jakarta
  • Satu tahun orientasi misioner (TOM) di salah satu komunitas xaverian di Indonesia
  • Teologi internasional yang meliputi satu tahun belajar bahasa dan beberapa tahun kuliah teologi sesuai dengan kondisi masing-masing komunitas teologi di Parma (Italia), Yaounde (Kamerun), Manila (Filipina) dan Meksiko City (Meksiko).
  • Tahbisan imam
  • Penempatan di salah satu regio tempat Serikat Misionaris Xaverian berkarya di dunia.

Syarat masuk

  1. Benar-benar ingin menjadi imam atau bruder misionaris Xaverian ·Saat ini kamu ada di kelas 3 SMU atau yang sederajat atau sudah lulus
  2. Sudah dibabtis dan menerima sakramen krisma
  3. Memiliki kemauan belajar
  4. Lulus test seleksi
  5. Sehat jasmani (pemeriksaan kesehatan)
  6. Surat rekomendasi dari pastor paroki setempat

 

Materi test :

  • Mengisi questioner
  • Wawancara dengan pastor xaverian
  • Test IQ dan kepribadian

 

~~ Datanglah, dan penuhi panggilan dengan menghubungi:

1. Biara Xaverian (Rumah Provinsial)
Jl. Situjuh 3
Padang 25219
Telp. (0751) 34207
Fax.  (0751) 34654

2. Wisma Xaverian (Rumah Promotor & Tunas Xaverian)
Jl. Pandega Asih I/8
Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 883798
Fax.  (0274) 880057
Email:manusg64@hotmail.com

3. Wisma Xaverian (Rumah Pranovisiat & Novisiat)
Jl. Utama 1 – Pondok Karya
Tromolpos 2 – Bintaro
Jakarta 12330
Telp. (021) 7375638
Fax.  (021) 7356758
xaverian@dnet.net.id

4. Wisma Xaverian (Rumah Skolastikat Filsafat)
Jl. Cempaka Putih Raya no. 42
Telp. (021) 4240356
Fax.  (021) 4240264
E-mail: dolfosx@yahoo.it

Kami merupakan suatu KELUARGA kerena kami hidup dan bekerja bersama sebagai sesama saudara, dan dengan tangan terbuka menerima anggota KELUARGA baru dengan mengasihi Allah dalam segala-galanya dan yang mempertajam hasrat kita untuk menyeberluaskan kerajaan-Nya di mana-mana.

 ~Tunas Xaverian~

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s