SEKILAS RAWIL PARA PASTOR dari Wilayah Riau Daratan

Hari Senin, 8 Oktober 2012 suasana di pastoran Paroki Santo Paulus Labuh Baru Pekanbaru kelihatan lebih ramai, petugas pastoran dan beberapa ibu melakukan pekerjaan membersihkan pastoran, dan menyiapkan beberapa tempat tidur tambahan. Mereka sedang mempersiapkan diri untuk menyambut para tamu, pastor-pastor, bruder-bruder dan frater-frater yang akan melakukan kegiatan Rawil di Paroki Labuh Baru.

Sekali dua bulan, para pastor di wilayah Riau Daratan secara rutin melakukan Rawil, yang merupakan pertemuan para pastor, bruder dan frater yang bertugas di wilayah Riau Daratan. Dua tujuan pokok dari Rawil ini adalah

  1. Mempererat hubungan persaudaraan dan kerjasama antara para pastor
  2. Merencanakan / meninjau / menggodog / mengevaluasi kegiatan Pastoral Wilayah, seperti beberapa  tahun yang lalu diadakan kegiatan OMK, berawal dari perencanaan para Pastor dalam kegiatan rawil rutin.

Kali ini, kegiatan Rawil dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu, 9-10 Oktober 2012 di Paroki St Paulus Pekanbaru. Kegiatan hari pertama pada sore hari dimulai dengan kegiatan doa, pengakuan dosa oleh sesama pastor, dilanjutkan dengan Misa Khusus yang dihadiri umat dan makan malam bersama beberapa pengurus Dewan Pastoral Paroki harian, pengurus gereja Pusat, dan ibu-ibu WK yang menyiapkan santapan. Dan setelah makan makan Bersama, para peserta Rawil melakukan kegiatan rekreasi Bersama.

Hari kedua dimulai dengan misa pagi jam 06.00, kemudian mulai membahas rencana Pastoral, diselingi dengan snack pada pukul 10.00, dilanjutkan kembali dengan pembahasan rencana Pastoral sampai mendapatkan hasil yang diharapkan, ditutup dengan makan siang, doa dan rekoleksi. Dalam kegiatan hari kedua ini, diundang juga seorang pembicara dari Paroki Santa Maria Pekanbaru, Ibu Cindy Peter yang menyampaikan program training pengembangan diri, yang menjadi program di Paroki Santa Maria dan diharapkan bisa menjadi program gereja di Riau.

Masukan dan Harapan beberapa umat

Melihat kegiatan Rawil di Paroki, sekilas kami melihat kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi para pastor untuk terus menjaga kedekatan sebagai sesama saudara yang berkarya di Riau dan berkoordinasi dalam langkah kerja di wilayah yang sama.

Kegiatan akan bisa lebih menarik dan menyenangkan bagi para pastor, para peserta Rawil, jika kegiatan keakraban bersama bisa direncanakan lebih baik, dan dirancang serta dibantu oleh umat/awam untuk membantu memfasilitasi kegiatan keakraban tersebut, misalnya saling bertukar pikiran sambil mengutarakan harapan masing-masing antara awam dengan imam, kegiatan menyanyi bersama, kegiatan bermain-main yang lucu-lucu untuk para pastor dan lain-lain.

Dan umat juga sangat berharap untuk memiliki para pastor yang lincah, sehat, tegas, dan bisa terus semangat berkarya melayani umat. Semoga para pastor, selain fokus ke kehidupan rohani dan pelayanan umat, juga sadar untuk melakukan gaya hidup sehat yang paling mendasar seperti makan makanan yang sehat dan berserat, rajin melakukan kegiatan olah raga dan berhenti merokok.

Semoga pertemuan yang telah dilakukan menciptakan rasa persaudaraan di antara para pastor dan juga umat yang digembalakan, menghasilkan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan persatuan umat Katolik khususnya di wilayah Riau daratan, serta mempertebal iman umat gembalaan.

foto lainnya dapat dilihat di sini

Peserta Rawil:

  1. Pastor Hugo Linus Malau, OFM Cap (St Theresia Air Molek)
  2. Pastor Sebastian Siringgoringgo, OFM Cap (St Theresia Air Molek)
  3. Pastor Emilianus Sakoikoi, Pr (St Ignatius Pasir Pangaraian)
  4. Pastor FX Hardiono Hadisubroto, Pr (St Ignatius Pasir Pangaraian)
  5. Pastor Harto,Pr (St Maria Ratu Rosari Bagan Batu)
  6. Pastor Yoh. Don Bosco Jata, Pr(St Petrus dan Paulus Bagansiapiapi)
  7. Pastor Klitus Da Gomez, Pr (St Petrus dan Paulus Bagansiapiapi)
  8. Pastor Ardy Meman, Pr (St Yosef Duri)
  9. Pastor Gregorius (Hati Kudus Yesus Pangkalan Kerinci)
  10. Pastor Blasius Sumaryo, SCJ (Hati Kudus Yesus Pangkalan Kerinci)
  11. Bruder Islumiyanto (Hati Kudus Yesus Pangkalan Kerinci)
  12. Pastor Yustinus Monang Damanik, Pr (St Maria A Fatima Pekanbaru)
  13. Pastor Florianus Sarno, Pr (St Maria A Fatima Pekanbaru)
  14. Pastor Anton Konseng, Pr (St Maria A Fatima Pekanbaru)
  15. Frater Eko (St Paulus Pekanbaru)
  16. Pastor Adventus Ignasius Zaluchu, SX (St Paulus Pekanbaru)
  17. Pastor Franco Qualizza, SX (St Paulus Pekanbaru).

 

 

 

oleh Warta Paroki, PV Adi dan Noery

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s