Prosesi Pemakaman Pastor Monaci

Pastor Monaci disemayamkan di kapel biara Saverian Padang

Pastor Monaci disemayamkan di kapel biara Saverian Padang

Jum’at, 3 Agustus 2012 pagi jenazah Pastor Monaci berbaring tenang di dalam peti di kapel Biara Saverian di Padang yang sejuk dan bersih, di ujung belakang bagunan biara. Sesekali beberapa orang umat, pastor dan suster masuk, memandangimu, berdoa dan melakukan hal-hal baik untukmu. Dan di halaman, di belakang kapel, di makam para Saverian di Indonesia, liang lahat untuk Pastor Monaci sudah siap untuk digunakan.

Pukul sebelas siang, seluruh penghuni biara, para pastor, tamu, dan termasuk rombongan dari Pekanbaru makan siang bersama di biara dengan berbagai hidangan yang enak meskipun sederhana. Suasana makan menyenangkan, lebih diliputi rasa syukur, penuh dengan cerita tentang kebaikan dan kenangan akan pastor Monaci.

Arak-arakan dari Biara Saverian menuju Gereja Padang Baru

Arak-arakan dari Biara Saverian menuju Gereja Padang Baru

Sekitar jam sebelas siang, lonceng biara berbunyi, dan segera tempat duduk di dalam kapel di sekeliling peti pastor Monaci dipenuhi oleh yang hadir.Dipimpin oleh Suster Anas dari Pekanbaru, segera dilakukan doa rosario di dalam kapel, sementara beberapa pastor mempersiapkan diri. Dan segera sesudah selesai doa rosario para pastor segera maju ke altar, dan Pastor Fernando Abis SX memimpin pelaksanaan pemberkatan dan upacara penutupan peti yang berlangsung singkat dan hikmat.

Keluar dari kapel, menembus lorong biara, arak-arakan para pastor, jenazah pastor Monaci yang  diangkat para kerabat Santo Yusuf Padang,  dan para pengirim memulai perjalanan ke gereja dengan berjalan kaki. Arak-arakan berjalan pelan dan hikmat, melalui jalan raya dari biara menuju ke gereja Katholik Padang Baru. Doa rosario didarasakan terus sepanjang perjalanan, dan di kejauhan terdengar juga suara adzan dari masjid di dekat biara.

Arak-arakan memasuki gereja yang sudah dipenuhi orang-orang yang mencintai Pastor Monaci untuk mengikuti misa. Sekitar lima belas orang pastor, baik dari Saverian maupun  yang  lain melakukan misa konselebrasi bagi pastor Monaci, dipimpin oleh Pastor Fernando Abis SX. Misa berlangsung sangat hikmat, termasuk memberi kesempatan kepada Pastor Franco, perwakilan umat dari Santo Paulus Labuh Baru dan perwakilan umat dari Mentawai untuk menyampaikan kesan-kesan dan kenangannya hidup bersama Pastor Monaci.

Misa di Gereja Padang Baru Padang

Misa di Gereja Padang Baru Padang

Pastor Fernando dalam kotbahnya mengajak seluruh umat yang hadir, yang memiliki berbagai motivasi atas kehadirannya di misa ini untuk menyatukan motivasi dalam niat dan rasa syukur. Berbagai motivasi pribadi yang kemungkinan ada di masing-masing yang hadir, misalnya karena rasa solidaritas, karena alasan kesopanan, karena mencintai pastor Monaci, diharapkan untuk bersama-sama ditingkatkan, menjadi suatu rasa syukur atas kebaikan Tuhan kepada kita, dan rasa ingin untuk terus menerus meneladani kebaikan, kerendahan hati dan karya pastor Monaci.

Seusai misa, kembali jenazah pastor Monaci dalam rangkaian arak-arakan dibawa ke biara Saverian, langsung menuju ke tempat pemakamannya di belakang kapel biara. Upacara pemakaman yang dihadiri oleh banyak umat, baik umat dari Padang dan sekitarnya maupun umat dari Pekanbaru, berlangsung dengan sangat baik, lancar dan hikmat, yang masih terus dipimpin oleh Pastor Fernando.

Pemakaman Pastor Monaci

Pemakaman Pastor Monaci

Dan sekitar pukul setengah empat sore, seluruh rangkaian acara pemakaman berakhir, dan segera setelah itu hujan lebat turun di pemakaman dan sekitarnya. Entah suatu kebetulan atau bukan, kami merasakan ini adalah suatu hujan berkat, hujan yang penuh makna bagi kita semua untuk terus menerus mensyukuri kebaikan Tuhan yang tampak nyata pada kehadiran pastor Monaci di dalam kehidupan kita, dan mendorong kita semua untuk terus menerus meneladani karya-karyanya.

Selamat jalan pastor Monaci, kami mencintaimu.

One thought on “Prosesi Pemakaman Pastor Monaci

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s