Alkitab mana yang paling baik dibaca ?

Bulan September oleh Gereja Katholik di Indonesia dimanfaatkan sebagai Bulan Kitab Suci Nasional. Dalam bulan ini banyak kegiatan seputar BKSN ini dan kadang terbersit dalam pikiran awam kebanyakan alkitab mana yang paling baik dibaca.

Memilih terjemahan Kitab Suci yang paling tepat untuk dibaca tergantung pada tujuannya.

Pembacaan untuk umat dalam perayaan Ekaristi hari Minggu atau ibadat lain misalnya, mengandaikan adanya suasana yang agung. Untuk keperluan ini sudah tersedia terjemahan yang disebut terjemahan “liturgis.” Untuk pembacaan pribadi dalam rangka penyegaran rohani atau renungan Alkitab dalam bahasa sehari-hari bisa sangat membantu; sedangkan untuk tujuan studi atau pembahasan dalam kelompok sebaiknya mempergunakan terjemahan baku.

Seperti diketahui teks-teks Kitab Suci dalam bahasa Ibrani, Arami, atau Yunani mengandung cukup banyak bagian yang sukar dimengerti. Kadang-kadang maksud penulisnya tidak jelas. Para penerjemah seringkali terpaksa menebak arti yang dimaksudkan oleh penulis.

Mereka dihadapkan pada dua pilihan:

  • Pertama, menerjemahkan secara harafiah agar kesukaran dan ketidakjelasan teks asli dapat tetap terpelihara.
  • Kedua, menerjemahkannya secara bebas dengan mencoba menyelesaikan ketidakjelasan teks asli.

Satu terjemahan harfiah perlu dilengkapi dengan catatan kaki atau tafsir yang memungkinkan untuk mengatasi ketidakjelasan yang ada. Terjemahan bebas mengungkapkan pilihan yang telah dibuat oleh penerjemah, menurut tafsirannya. Dalam terjemahan bebas sebenarnya terkandung tafsir. Yang lebih mudah dimengerti, namun kurang biasa bila dijadikan sarana studi yang serius.

Maka tidak ada jawaban yang cespleng atas pertanyaan sederhana di atas, namun dianjurkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Ignatius Nugroho-Warga Stasi Rumbai

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s