Ladang Bina Iman Menanti Anda

Bina Iman atau Sekolah Minggu adalah kegiatan untuk membina iman anak-anak dari usia balita sampai dengan SD. Dalam Bina Iman anak-anak mendapat kesempatan untuk bergembira memuji Tuhan bersama teman-teman seiman.

Sebenarnya pembinaan iman anak-anak adalah tugas orang tua. Hadirnya kelompok-kelompok Bina Iman di Gereja hanya merupakan sebuah bantuan kepada orang tua yang mempunyai kendala dalam pembinaan iman terhadap anak-anaknya, misalnya karena kesibukan kerja ataupun alasan lainnya.

Bina Iman bukan kegiatan pelajaran agama yang harus ada kurikulumnya. Dalam Bina Iman yang dipentingkan adalah bagaimana mendampingi anak-anak dalam menghayati Kitab Suci sebaik mungkin, membimbing anak-anak mengenal keselamatan dan hidup sesuai dengan kehendak Allah. Berbagai bentuk penyampaian pesan bisa dipakai, misalnya: doa, cerita, permainan, lagu, tari, drama, dan lainnya. Contoh pesan nilai yang disampaikan misalnya: nilai kebersamaan, nilai saling memberi, nilai saling melayani, dan lainnya.

Seorang pembimbing Bina Iman perlu memiliki 2 hal, yaitu: mengasihi Tuhan dan anak-anak dengan segenap hati. Seorang pembimbing tidak mutlak dituntut untuk memiliki inteligensi atau kecerdasan yang tinggi. Memiliki banyak pengetahuan memang baik dan menunjang, asal semuanya disertai dengan keredahan hati. Jadi yang penting adalah ketulusan pembimbing dalam melayani Tuhan dan kesetiaannya dalam pelayanan tersebut.

Seorang pembimbing Bina Iman tidak mungkin bisa melaksanakan tugasnya dengan baik kalau hanya bekerja sendirian. Sekurang-kurangnya diperlukan tiga orang pembimbing dalam satu tim. Kerja tim mengandaikan bahwa yang satu bisa melengkapi yang lain.

Tempat penyelenggaraan Bina Iman tidak harus berupa ruangan tertutup, tetapi bisa juga di taman atau alam terbuka lainnya.

Mengenai materi Bina Iman, bahan yang dipakai adalah bacaan pada misa Minggu itu. Umumnya dari Injil, dan kadang-kadang dari Perjanjian Lama. Untuk menghidupkan cerita kadang-kadang seorang pembimbing mengambil bahan dari cerita anak-anak yang ada dalam buku atau majalah.

Iman perlu dibina sejak masih anak-anak yang merupakan masa penyerapan, masa tumbuhnya rasa ingin tahu, ingin bertanya dan ingin mencoba-coba apa yang mereka lihat dan pahami. Anak-anak sangat peka untuk menerima nilai-nilai, dan nilai-nilai ini akan membekas seumur hidup.

Untuk menjalankan kegiatan Bina Iman dengan baik dibutuhkan pembimbing yang dengan sukarela mau meluangkan waktu untuk mendampingi dan membimbing anak-anak tersebut. Walaupun hanya memakan waktu satu jam setiap hari Minggu, seorang pembimbing perlu mempersiapkan materi pengajaran dengan sebaik-baiknya.

Marilah kita bersama-sama bekerja di ladang Tuhan melalui kegiatan Bina Iman untuk mewartakan Kabar Gembira kepada anak-anak.

Irin  – Rumbai

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s