Tanya Jawab Tentang Roh Kudus II : Lambang-lambang Roh Kudus

Lambang-lambang Roh Kudus

Gereja menjadi tempat untuk semakin mengenal Roh Kudus, dan di dalam Gereja sendiri Roh Kudus dikenal melalui beberapa lambang-lambang; ada 7 lambang Roh Kudus:

  1. 1.        Air : Saat Yesus dibaptis di sungan Yordan Roh Kudus turun atas-Nya. Air adalah simbol pembaharuan hidup dan pembersihan diri (Mat 3:13).
  2. 2.        Api : Sebagai simbol Roh yang mengalirkan kekuatan atau energi. Yohanes Pembaptis, “ Dia yang datang kemudian, akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan Api (Mat 3:11). Hal ini berarti bahwa dengan baptisan meskipun materi yang dipakai adalah air namun melalui peristiwa itu manusia disucikan oleh Roh Kudus.
  3. 3.        Awan dan Sinar : Kedua lambang ini selalu berkaitan satu sama lain. Dalam Perjanjian Lama, awan yang gelap maupun sinar cerah menyatakan Allah yang hidup dan menyelamatkan (Luk 24:15-18). Di atas gunung Tabor di mana Yesus mengalami transfigurasi, Roh Kudus datang dalam awan yang menaungi Yesus, Musa, Elia, dan juga Petrus, yakobus, dan Yohanes. Suatu Suara terdengar dari dalam awan “Inilah Anak-Ku yang Kupilih dengarkanlah Dia” (Luk 9:34-35)
  4. 4.        Pengurapan dengan Minyak : Dalam tradisi Perjanjian Lama, kita banyak melihat pengurapan dengan minyak sebagai tanda keselamatan dan pengangkatan menjadi raja misalnya Daud. Yesus adalah pribadi yang secara khusus diurapi oleh Roh Allah dan mendapatkan gelar Kristus. Sehingga dengan demikian pengurapan dengan minyak dalam beberapa upacara  sakramental melambangkan juga pengurapan oleh Roh Kudus.
  5. 5.        Meterai : Meterai adalah lambang, yang terkait dengan pengurapan. Kristus telah disahkan oleh “Bapa dengan meterai-Nya Bapa memeteraikan tanda milik-Nya atas kita. Dengan meterai kita diberi tanda yang permanen (tidak dapat hilang). Meterai terkait dengan sakramen Baptis, Krisma, dan Tahbisan Imamat.
  6. 6.        Penumpangan Tangan : Penumpangan tangan Yesus menyembuhkan orang (Mrk 6:5) dan memberkati anak-anak (Mrk 10:16) dengan meletakkan tangan ke atas mereka. Atas nama-Nya para rasul melakukan yang sama (Mrk 16:18). Melalui peletakan tangan para Rasul, Roh Kudus dicurahkan.
  7. Burung Merpati : Burung Merpati Turun kepada Yesus ketika ia dibaptis (Mat 3:16). Merpati dalam ikonografi Kristen sejak dahulu adalah lambang Roh Kudus.
About these ads

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s