Selamat bertugas di Paroki Aek Nabara, Pastor Nattye…

Daftar Isi

Acara pertama
Wakil Stasi Wilayah 1
Wakil Prodiakon
Wakil Suster
Wakil Kategorial
Wakil Misdinar
Pengurus Gereja Pusat
Dewan Pastoral Paroki
Pastor Paroki
Tanggapan Pastor Nattye
Makan Malam
Penutup

 

Paroki St Paulus Pekanbaru, 10 Maret 2013 @19.03

Untuk mengantar Pastor Nattye yang akan segera pindah tugas ke Paroki Aek Nabara di wilayah keuskupan Medan, digelar semacam acara perpisahan untuk Pastor Nattye dengan umat se-Paroki St Paulus Pekanbaru.

Acara yang dimoderatori oleh Bapak Binsar B Sihotang ini dimulai dengan doa yang dipimpin oleh Suster Federika, FCJM.

Acara pertama

Ucapan-ucapan dari wakil-wakil, meliputi

Wakil Stasi Wilayah 1

Disampaikan oleh Bpk Tamba dari stasi St Veronika Palas mengenai kesan pertama saat Pastor baru tiba di Paroki, adanya permintaan tegas mengenai Sibori dan Piala. Sepertinya permintaan Pastor saat itu belum ditanggapi oleh stasi, sehingga pada kunjungan berikutnya Pastor menegur dan tidak mau melayani Misa. Maka ketua stasi berinisiatif untuklarike Paroki mengambil Sibori dan Piala, sementara petugas pemimpin lagu memimpin umat meyanyikan lagu beberapa bait lebih banyak daripada biasanya.

Hal ini dipandang sebagai sebuah pelajaran bagi stasibandel” agar lebih mau mendengar, demikian penyampaia ketua stasi St Veronika. Ucapan ditutup dengan selamat bertugas di tempat yang baru, dan harapan agar Pastor selalu mengingat umat di Paroki ini, terutama di Stasi St Veronika. Diberikan juga kenang-kenangan untuk Pastor, agar bisa dipergunakan sesuai kebutuhan.

Wakil Prodiakon

Disampaikan dengan sangat singkat, jelas dan padat oleh Bpk. Agustinus Winardi. Berupa harapan agar Pastor menjadi gembala yang paling baik sebagai Pastor Paroki di paroki mendatang.

Wakil Suster

Suster Federika FCJM, menyambung sambutan Bpk Tamba, bahwa selain Sibori dan Piala, alas dan kain putihpun harus sering dibersihkan, karena berdasarkan pengalaman yang beliau lihat, alat-alat tersebut terlihat tidak terperhatikan.

Kesan beliau terhadap Pastor adalah serius dan banyak membaca, dan kotbah yang selalu mengena bagi umatnya. Namun dibalik itu tersimpan siap tegas yang terkadang mungkin menakutkan umatnya.

Harapan untuk Pastor adalah, semoga Pastor senantias amenjadi gembala yang baik, semoga setiap sabda yang disampaikan tetap dapat membuat umat merasakenyang”.

Wakil Kategorial

Diwakili oleh WKRI, oleh Ibu Kristina Mujiati, yang juga secara singkat mengucapkan harapan agar bisa bertemu kembali dimasa mendatang, dan memberikan sedikit kenang-kenangan untuk Pastor.

Wakil Misdinar

Ketika diundang lima orang wakil misdinar untuk datang ke pertemuan ini, mereka menolak. Mereka ingin datang semuanya, maka misdinar yang berjumlah puluhan itupun mendominasi gedung fasilitas umat Paroki dengan seragam merah-merah.

MIsdinar mempunyai pengalaman berharga bersama Pastor Nattye, yang mana pada suatu waktu, Pastor mengajak mereka berjalan-jalan ke hutan, tanpa didampingi orang tua. Di sana mereka dikuatkan, dan diajak mensyukuri alam ciptaan Tuhan. Mereka tidak takut, mereka senang. Hal itulah yang membuat mereka merasa begitu dekat dengan pastor dan tidak mau jika undangan hanya untuk lima orang.

Sambutan disampaikan oleh ketua Misdinar, yang mengucapkan terimakasih dan semoga kiranya begitu baiknya Pastor di Paroki ini, begitu pulalah harapan mereka kebaikkan itu dirasakan umat di Paroki yang baru.
Mereka akan senantiasa mendoakan pastor, dan akan mempersembahkan lagu.

Pengurus Gereja Pusat

Prakata dari pengurus stasi gereja Pusat disampaikan oleh bpk Mirluat Sihombing sebagai ketua.

Disampaikan, bahwa Pastor Nattye memiliki ketegasan untuk mencintai dengan tulus, dan juga secara luar biasa tidak pernah terlihat sakit, selalu segar. Mungkin karena selalu tulus dan gembira, walapun terkadang marah, namun semuanya tentu untuk kebaikan umat.

Pastor dirasa telah banyak membimbing dalam doa, meditasi dan banyak hal. Hati sebenarnya ingin menahan pastor  tetap di paroki ini, namun sebagai Pastor, tertunya pastor telah memiliki komitmen sebagai misionaris Xaverian akan tidak menolak untuk dipindahkan dimanapun, kemanapun.

Dan juga agar Pastor berkenan menyampaikan salam kepada umat di tempat yang baru dan menceritakan tentang umat-umat di paroki ini kepada mereka, namun jangan hal-hal yang cengeng yang diceritakan, melainkan semangat baiknya.

Diberikan juga kepada Pastor Nattye sebagai tanda kasih, berupa pin salib terbuat dari emas.

Dewan
Pastoral Paroki

DIsampaikan oleh wakil ketua DPP, Bpk Viktor Pintor Sihotang.

Pastor sangat tegas, sangat memotivasi dalam segala kekurangan dan kelebihan DPP. Terutama juga masalah pembangunan gereja paroki, Pastor begitu giat menyemangati dan mencari serta mengusahakan berbagai cara agar pembangunan gereja paroki terealisasi.

Juga disampaikan permohonan maaf DPP atas kesalahan sikap dan kata,
ucapan selamat bertugas di tempat yang baru juga mohon doa bagi umat di Paroki ini.

Pastor Paroki

Kesempatan terakhir dari Pastor Franco – pastor Paroki – yang bermaksud untuk merangkum semua ucapan-ucapan terdahulu. Ucapan terimakasih atas pelayanan pastor Nattye, dan Tuhanlah yang benar-benar mengetahui jasa dan pelayanan Pastor Nattye sesungguhnya.

Dibacakan kartu ucapan dari DPP dan seluruh umat untuk Pastor Nattye:

Semoga Tuhan memberkati, Semoga selamat dalam perjalanan tidak ada ban kempes -, tetap menjadi gembala, dan juga doa senantiasa menyertai.

Diserahkan jugabekal bensinbagi Pastor Nattye, dan sebuah hadiah kecil berupa kumpulan foto-foto Pastor Nattye sejak datang sampai hendak pergi dalam satu pigura.

TanggapanPastor Nattye

Atas semua kesan, pesan dan harapan yang disampaikan wakil-wakil umat separoki, pastor Nattye secara sistematis menanggapi:

  1. Ucapan terimakasih atas semua perhatian, dengan segala kekurangan dan kelebihan tugas seorang Pastor Xaverian.
  2. Walau diminta badan di sana, hati di sini, namun tidak bisa mendua hati. Pastor Nattye ingin melayani umat di paroki baru, dengan sepenuh hati. DI paroki ini masih ada pastor Franco – dan juga pastor pastor lain yang adalah saudara dalam Xaverianwalau warna kulir berbeda jauh -.
  3. Mohon maaf jika dirasa terlalu cepat dan terlalu banyak menuntut. Tidak lain dan tidak bukan, adalah untuk kepentingan umat, karena saat meninggalkan paroki ini, tak ada satupun apa yang dibawa. Hasil tetap tinggal di sini.
  4. Terimakasih atas persahabatan selama ini, dengan segala  kekuatan
    dan kelemahan.
  5. Sebuah kutipan favorit, “Bersama kamu, kamu adalah orang tua saya, saudara saya, anak saya, kakak atau adik saya…, tetapi untuk kamu saya adalah seorang imam.” Maka Pastor Nattye memohon agar didoakan untuk senantiasa bisa melayani.
  6. Seorang anak tidak pernah memilih orang tuanya, papak dan ibunya. Begitu pula dengan umat Katolik, tidak akan bisa pernah memilih siapa imamnya yang akan tinggal di paroki. Yang kurang dari saya, biar Yesus yang melengkapi.

Makan Malam

Acara dilanjtukan dengan makan malam bersama dengan doa pembukaan oleh DPP – Bapak Thomas K Ginting. Acara berlangsung dengan santai, diselingi nyanyian dan tampilan acara singkat.

Penutup

Akhir acara dengan doa dan berkat oleh Pastor nattye, dilanjutkan dengan bersalam-salaman dimulai dengan Pastor Franco diikuti seluruh umat yang hadir.

Selamat bertugas di tempat yang baru, Pastor Nattye, semoga selalu diberi kesehatan, kesetiaan dalam tugas sebagai imam, dan diberi Roh kerendahan hati.

 

Foto-foto dapat dilihat di Facebook Paroki St Paulus Pekanbaru

by : DPP Harian St Paulus Pekanbaru @ 2013

AfrikaansAlbanianArabicArmenianAzerbaijaniBasqueBelarusianBulgarianCatalanChinese (Simplified)Chinese (Traditional)CroatianCzechDanishDetect languageDutchEnglishEstonianFilipinoFinnishFrenchGalicianGeorgianGermanGreekHaitian CreoleHebrewHindiHungarianIcelandicIndonesianIrishItalianJapaneseKoreanLatinLatvianLithuanianMacedonianMalayMalteseNorwegianPersianPolishPortugueseRomanianRussianSerbianSlovakSlovenianSpanishSwahiliSwedishThaiTurkishUkrainianUrduVietnameseWelshYiddish
AfrikaansAlbanianArabicArmenianAzerbaijaniBasqueBelarusianBulgarianCatalanChinese (Simplified)Chinese (Traditional)CroatianCzechDanishDutchEnglishEstonianFilipinoFinnishFrenchGalicianGeorgianGermanGreekHaitian CreoleHebrewHindiHungarianIcelandicIndonesianIrishItalianJapaneseKoreanLatinLatvianLithuanianMacedonianMalayMalteseNorwegianPersianPolishPortugueseRomanianRussianSerbianSlovakSlovenianSpanishSwahiliSwedishThaiTurkishUkrainianUrduVietnameseWelshYiddish

Detect language » Indonesian
About these ads

One thought on “Selamat bertugas di Paroki Aek Nabara, Pastor Nattye…

  1. Selamat tugas, Pastorr…Semoga sehat terus dan bisa secara total melayani umat di Aek nabara – kami cukup diingat yang baik-baiknya sajaaaa..- semoga juga tetap tegas dan berdedikasi untuk umat di sana -dengan Roh Kerendahan hati dan kesabaran -, dan semoga tetap menjadi Misionaris Xaverian.

    Salam dari kami sekeluarga… (UNtung udah punya foto Pastor bareng dengan anak-anak… hahaha…)
    Great day.. always.

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s