RINGKASAN SURAT GEMBALA USKUP PADANG “Bangga Menjadi Orang Katolik”

Pada masa Prapaskah tahun 2013 ini Bapak Uskup Mgr Martinus Dogma Situmorang OFMCap telah menerbitkan Surat Gembala yang berjudul “Bangga Menjadi Orang Katoliksurat gembala ini memuat pesan yang begitu indah dan mendalam yang ditujukan bagi seluruh umat Katolik di seluruh keuskupan padang. Ada beberapa poin penting dari surat gembala ini dan beberapa relevansi yang dapat ditarik dari surat gembala uskup ini, dikaitkan juga dengan Tahun Iman dan Tahun Katekese yang pada tahun ini berjalan di Keuskupan Padang.

  1. Pada bagian Awal Bapa uskup memberi penekanan pada martabat Baptisan yang telah diterima oleh setiap umat Katolik. Baptisan dalam hal ini menjadikan setiap umat sebagai anak Allah. Dengan baptisan membawa dalam diri setiap umat kesadaran sebagai pribadi yang dipanggil untuk mengasihi seperti Allah sendiri yang adalah kasih.
  2. Dengan Dibaptis maka setiap orang digabungkan di dalam keluarga Allah sendiri yang mana secara bersama setiap orang dipanggil untuk mewujudkan Gereja Katolik yang Satu, Kudus, Katolik dan apostolik. dengan kasih yang mengalir dari Yesus sendiri setiap umat diajak untuk saling mengasihi satu dengan yang lain. Bapak Uskup menekankan bahwa di dalam Gereja seharusnya tidak ada satu bagian dari keluarga yang hidup di dalam kekurangan.
  3. Setiap orang Katolik diajak untuk ikut serta dalam karya pewartaan Kritus. mewartakan Allah yang kita kenal melalui pribadi Kristus. menjadi pewarta berarti menjadi terang bagi dunia.
  4. Bapa Uskup juga menekankan pentingnya sikap tobat yang harus ditumbuhkan dalam masa prapaskah, sikap tobat ini diwujudkan dengan suatu upaya untuk semakin memperdalam Iman dan kepercayaan akan Allah tritunggal, mengingat bahwa pada tahun ini kita juga merayakan tahun iman.

SEDIKIT CATATAN

Surat gembala Uskup pada kesempatan ini kesan yang kami tangkap sangat kental dengan pesan pesan yang termuat di dalam ensiklik “Deus Caritas Est” dari Benediktus XVI terutama menyangkut poin mengenai Iman, cinta kasih, dan perwujudan dari kasih itu sendiri yang menekankan akan solidaritas yang mengajak seluruh umat untuk jangan sampai membiarkan saudara seiman kita hidup di dalam kekurangan.

Sehingga kesan kami Bapa Uskup dalam surat Gembala kali ini cenderung mengajak kita untuk menyelaraskan masa prapaskan dengan tahun Iman yang pada tahun ini dirayakan oleh seluruh Gereja.

RELEVANSI

Apabila sebagai umat Kauskupan Padang ada beberapa relevansi yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari seluruh umat.

  1. Tetap menjadi fokus kegiatan dalam masa prapaskah adalah diadakannya pertemuan stasi/kring/lingkungan selama masa ini untuk membahas tema-tema prapaskah yang memang sudah secara jelas terkait erat dengan tahun iman.
  2. Mengisi kegiatan paskah dengan aneka kegiatan tentang katekese, misalnya mempelajari katekismus, dan tema tema tantang Credo atau doa aku percaya.
  3. Mengisi paskah dengan kegiatan sosial misalnya pembagian sembako, pengobatan murah, donor darah, dan kunjungan untuk manula dan orang sakit. hal ini sebagai tanggapan terhadap tekanan yang sangat kental berkaitan dengan pesan Uskup tentang memperhatikan saudara yang kekurangan.
About these ads

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s