Film Mengenai Sejarah Masuknya Katolik di Indonesia

Sejarah masuknya Agama Katolik di Indonesia tidak dapat di lepaskan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia itu sendiri, bahwa Katolik masuk ke Indonesia tidak dapat dipungkiri dibawa oleh bangsa Eropa yang masuk ke Indonesia. Sejarah mengatakan bahwa St Fransiskus Xaverius pernah masuk ke Indonesia bersama bangsa Postugis di Maluku. Hal ini menjadi salah satu catatan sejarah yang sangat penting dalam proses masuknya Agama Katolik di Indonesia.

Di samping itu sejarah berkembangnya agama Katolik tidak dapat juga di lepaskan dari bagaimana agama ini mulai berkembang di tanah Jawa yang mana perkembangan ini menjadi sedemikian pesat sejak pembaptisan 171 orang di Sendang Sono. Sejak saat itu maka umat Katolik mulai berkembang di Jawa dengan baik dan mulai diterima sebagai suatu agama yang juga terbuka bagi penduduk pribumi. Dalam pergerakan perjuangan bangsa merebut kemerdekaan maka peran tokoh-tokoh  Katolik semacam J Kasimo dan Frans Seda sangatlah berarti dalam perjuangan bangsa merebut kemerdekaan.

Agama Katolik yang pada awalnya dianggap sebagai agama penjajah lambat laun dapat diterima sebagai agama dan kepercayaan yang terbuka juga bagi bergabungnya penduduk pribumi.

Sejarah mengenai masukknya agama Katolik di Indonesia dan perkembangan agama ini khususnya di tanah Jawa dapat di lihgat dalam film dokumenter berjudul “Merebut Tanah Misi”

About these ads

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s