Aku percaya akan kehidupan kekal.

Apa itu kehidupan kekal?

Kehidupan kekal adalah kehidupan yang mulai langsung setelah kematian. Kehidupan ini tidak mempunyai akhir, akan didahului dengan pengadilan khusus bagi setiap orang oleh Kristus yang mengadili orang yang hidup dan yang mati. Pengadilan khusus ini akan dipastikan pada pengadilan akhir.

Apa itu pengadilan khusus?

Pengadilan khusus adalah pengadilan yang berakibat langsung, terjadi setelah kematian.Melalui jiwanya yang abadi,setiap orang akan menerima pembalasan sesuai dengan iman dan perbuatannya.Pembalasan ini bisa berarti masuk kedalam kebahagiaan surga, secara langsung atau setelah pemurnian atau masuk kedalam kutukan abadi neraka.

Apa arti istilah “surga”?

“Surga” berarti suatu keadaan bahagia yang tertinggi dan definitif.Mereka yang mati dalam keadaan rahmat Allah dan tidak membutuhkan pemurnian lebih jauh berkumpul dengan Yesus dan Maria, para malaekat , dan para kudus.Mereka merupakan Gereja surga, tempat mereka melihat Allah”muka dengan muka”(1 Kor 13:12). Mereka hidup dalam kesatuan dengan cinta dengan Tritunggal dan menjadi pengantara kita.

Apa itu api penyucian?

Api penyucian ialah keadaan mereka yang mati dalam persahabatan dengan Allah, ada kepastian akan keselamatan kekal mereka tetapi masih membutuhkan pemurnian untuk masuk ke dalam kebahagiaan surga.

Bagaimana kita bisa membantu jiwa-jiwa yang sedang dimurnikan di api penyucian?

Karena ada persekutuan para kudus , kaum beriman yang masih berjuang di dunia ini dapat membantu jiwa-jiwa di api penyucian dengan mempersembahkan doa-doa untuk mereka, khususnya kurban Ekaristi. Mereka juga dapat membantu mereka dengan beramal,indulgensi, laku tapa dan tobat.

Apa itu neraka?

Neraka merupakan kutukan kekal bagi mereka yang mati dalam keadaan dosa berat karena pilihan bebas mereka sendiri.Penderitaan mereka yang utama adalah keterpisahan kekal dari Allah yang merupakan satu-satunya sumber kehidupan dan kebahagiaan yang merupakan tujuan kita diciptakan dan yang merupakan kerinduan kita.Kristus menjelaskan realitas ini dengan kata-kata:”Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal” ( Mat 25:41).

Bagaimana adanya neraka ini diperdamaikan dengan kebaikan Allah yang tak terbatas?

Allah menghendaki “ supaya semua orang berbalik dan bertobat”(2 Pet3:9), namun Ia menciptakan manusia dalam keadaan bebas, dan manusia sendiri mempunyai tanggung jawab;Allah menghargai keputusan-keputusan kita. Karena itu manusialah yang dengan bebas memisahkan dirinya dari kesatuan dengan Allah jika pada saat kematian dia tetap berpegang teguh pada pendiriannya dalam dosa berat dan menolak cinta dan kerahiman Allah.

Apa itu pengadilan akhir?

Pengadilan akhir merupakan keputusan untuk masuk ke dalam kebahagiaan atau hukuman abadi yang dijatuhkan oleh Yesus terhadap “orang –orang yang benar maupun orang –orang yang tidak benar”(Kis 24:15) pada saat Dia kembali sebagai Hakim yang mengadili  orang yang hidup dan yang mati. Sesudah pengadilan terakhir badan yang dibangkitkan akan mengambil bagian  dalam ganjaran yang diterima oleh jiwa pada pengadilan khusus.

Bilamana pengadilan ini terjadi?

Pengadilan ini akan terjadi pada hari kiamat,dan hanya Allah yang mengetahui hari dan waktunya?

About these ads

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s